Navigation

TANAH DAN RUANG UNTUK KEADILAN DAN KEMAKMURAN





Bupati kuningan H. Acep Purnama memimpin apel  pagi  yag dirangkaikan dengan Peringatan Hari Agraria Nasional dan Tata Ruang tahun 2018  dihalaman Kantor Agraria dan Tata Ruang Kabupaten Kuningan, Senin (23/10).

Bupati Kuningan dalam amanatnya menuturkan tanah merupakan hal yang sangat penting bagi bangsa dan masyarakat Indonesia, Undang-Undang Dasar tahun 1945 mengamanatkan bahwa tanah harus dipergunakan bagi sebesar-besar kemakmuran rakyat.” Pengelolaan tanah seharusnya tidak boleh menjadi sesuatu yang menyengsarakan dan memiskinkan masyarakat.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan bersama  dengan Badan Pertanahan Nasional harus berada di garis tedepan dalam mengangkat kehidupan masyarakat, maka pada tahun 2018 dalam Hari Agraria Nasional dan Tata Ruang mengambil tema “ tanah dan ruang untuk keadilan dan kemakmuran” yang mengandung makna tanah dan ruang sebagai satu kesatuan utuh yang dapat memberikan keadilan dan kemakmuran dalam penggunaan, pemanfaatan, pemilikan untuk seluruh masyarakat, pelaku usaha maupun negara.

Dalam upaya meningkatkan kualitas rencana tata ruang di indonesia, kementerian Agraria dan tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional sudah meluncurkan sistem informasi geografis tata ruang ( Gistaru ) yang memungkinkan setiap orang dapat mengakses rencana tata ruang yang berlaku di setiap daerah. Dengan terbukanya akses terhadap dokumen rencana tata ruang, diharapkan kesadaran masyarakat akan meningkat dan selanjutnya masyarakat berperan aktif dalam proses penyusunan rencana tata ruang dan pengawasan implementasinya.

Lebih lanjut Acep mengatakan, pembangunan isfrastruktur adalah prasyarat untuk peningkatan produktivitas dan daya saing nasional serta berkembangnya investasi. Salah satu kegiatan penting terkait dengan pembangunan insfrastruktur tersebut adalah pelaksanaan pengadaan tanah. Undang-undang dan peraturan yang ada telah memungkinkan pengadaan tanah yang cepat dan pasti. Oleh karena itu, dukungan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/kota dan istansi lainnya menentukan suksesnya pengadaan tanah dimaksud. Tutup Acep.

Foto : IIP SUMARYONO
RILIS : DONIS KADARISMAN

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: