Navigation

Aplikasi Siskeudes Pengawalan Akuntabilitas Keuangan Desa








Humas Setda -Penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) merupakan langkah strategis sebagai upaya pencegahan dini terjadinya peyimpangan dalam penggunaan keuangan desa, sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Disisi lain  juga sebagai pelaporan dana desa meruapakan bagian dari laporan keuangan daerah.
Hal itu disampaikan Pj Sekda Kuningan, Drs. H. Dadang Supardan, M.Si.   pada acara  pembukaan Workshop Evaluasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa Dengan Aplikasi Siskeudes dengan tema “Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa yang Partisipatif, Transparan dan Akuntabel dengan Menggunakan Aplikasi Siskeudes”. Berlangsung RM. Raja Seafood Cilimus, Kuningan, Selasa (25/9/2018).

Dalam rangka pengelolaan dana dimaksud, kepada seluruh kepala desa Ia berpesan, penggunakan dana terset dengan sebaik-baiknya  sesuai  dengan pedoman  yang telah ditetapkan, tingkatkan komunikasi Antara pemerintah desa dengan BPD, lemabaga kemasyarakatan dan komponen masyarakat lainnya. Sehingga bisa saling membantu  menguatkan dalam upaya mencapai tujuan bersama.

“Tingkatkan juga koordinasi dengan camat dan SKPD terkait. Sehingga pelaksanaan kegiatan dapat bersinergi dengan kegiatan pembangunan di Kuningan dan lakukan penatausahaan dengan baik dan benar sehingga mampu meminamilisir kesalahan yang mungkin terjadi,”ungkapnya.

Peserta workshop  seluruh kepala desa,  perangkat dan  para camat. Dengan menghadirkan  Nara Sumber. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasma  BKP Provinsi Jawa barat dengan  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Kuningan.
Dalam pemaparannya Drs. Agun Gunanjar Sudarsa, Bc.IP, M.Si menerangkan, kaitan dengan latar belakang filosofi UU Desa, yaitu adanya krisis keadilan dan kesenjangan yang timpang pusat-daerah, kota-desa. Dengan  tujuan memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa dan memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan.

"Adapun subtansi Dana Desa sebagai retribusi Negara kepada desa, pengakuan dan penghormatan negara Kepa desa, dan mandat kewenangan lokal dan pembangunan dari negara kepada desa,"katanya.

Salah satu Narsum Iskandar Novanto, Ak, M.Si menuturkan mengapa dibutuhkan Siskeudes, sebagai bentuk akuntabilitas keuangan desa, kompleksitas transaksi keuangan desa, permintaan laporan keuangan desa.

Ia menjelaskan tentang aplikasi Siskeudes, bahwa aplikasi ini proses instalasinya hanya 5 menit untuk spesifikasinya kebutuhan hadware computer minimalis yang utama ada OS windows dan MS Office Access, Bisa Stand alone dan on line tergantung  kondisi Pemda. Untuk data bersifat portable, satu kali infut menghasilakan berbagai dokumen dan laporan terkait keuangan desa, meliputi Perencanaan, Penggaran, dan penatausahaan. Dan laporan realisasi APBDesa, kekayaan mmilik desa, Realisasi per sumber dana dan kompilasi tingkat pemda. (Suhendra/Pubdok)

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: