Navigation

SEKDA HADIRI PERESMIAN RENOVASI MAKAM RADJA JACOB PONTO






Peresmian renovasi makam Radja Jacob Ponto yang berada di dusun kliwon Desa Sangkanurip Kecamatan Cigandamekar berlangsung pada hari Jumat (28/9/2018), yang di resmikan oleh Danlanal Cirebon Letkol Mar Yustinus Rudiman, yang di hadiri oleh Sekda Kabupaten Kuningan Drs. H Dadang, M.Si. Wakapolres Kuningan, Perwakilan Kodim Kuningan, perwakilan dari kesultanan Cirebon, Camat Kecamatan Cigandamekar, serta perwakilan dari keluarga Jacob Ponto yang di wakili oleh cucu cucu Jacob Ponto.

Radja Jacob Ponto yang berasal dari wilayah siau dan di asingkan Belanda Pada tahun 1889 karena di anggap membangkang dan di asingkan ke Cirebon  dan Raja Jakob Ponto sendiri meminta untuk di pindahkan ke tempat yang memiliki sumber air panas alami agar dapat menyembuhkan penyakit yang di deritanya tersebut. dan akhirnya permintaannya di setujui sehingga ia dapat hidup di sangkanurip Kuningan. Dan beliau sampai meninggal dunia di sangkanurip sampai di kebumikan di Sangkanurip oleh masyarakat Sangkanurip yang tidak mengetahui identitas nya.

Titik terang mengenai identitas Jacob Ponto baru diketahui saat seseorang keturunannya yang menelusuri jejak Radja Siau itu pada sekitar tahun 1960-an yaitu G.D. Ponto datang dan mengungkapkan bahwa orang yang dimakamkan oleh masyarakat pada tahun1890 itu adalah Raja Siau yang dibuang oleh Belanda.

Dalam Sambutanya Sekda Kabupaten Kuningan dengan di resmikannya  renovasi makam Radja Jacob Ponto dapat menambah aset situs sejarah yang berada di Kabupaten Kuningan, meskipun dahulu sebelum di renovasi dan di resmikan  warga Kuningan sudah menghormati beliau dengan merawat dan menggelar acara hari pahlawan di makam tersebut, dengan kehadiran keluarga Jacob Ponto berziarah merupakan suatu kehormatan bagi Pemerintah Kabupaten Kuningan yang tidak melupakan jasa-jasanya memperjuangkan negara Republik Indonesia, ungkapnya.

Danlanal Cirebon yang pada kesempatan itu menandatangani prasasti dan  meresmikan renovasi pemakaman Radja Jacob Ponto menghaturkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu  sehingga renovasi berjalan lancar, dan setelah di resmikan dapat dipelihara secara baik juga di lestarikan karena Radja Jacob Ponto sangat besar jasanya terhadap bangsa ini.

Ucapan terima kasih juga di ucapkan oleh keluaraga Radja Jacob Ponto kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan dan kepada Danlanal yang telah menjaga dan melestarikan sejarah keluarga Ponto, dan keluarga Ponto sendiri menghaturkan terima kasih kepada wa engkos sebagai juru kunci pemakamam tersebut, wa engkos sendiri telah menjaga makam Radja Jacob Ponto secara turun temurun dari semenjak kakenya.  (Iip/Pubdok)



Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: