Navigation

Ika Acep Purnama Ajak Masyarakat Menjaga Budaya Permainan Tradisional





Permainan tradisional anak-anak saat ini jarang dimainkan, bahkan sudah mulai ditinggalkan. Anak-anak zaman sekarang cenderung lebih memilih permainan modern, seperti play station dan gadget. Padahal dalam permainan tradisional tersimpan makna persatuan dan kebersamaan.

Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama, belum lama ini mencoba beberapa permainan tradisional diantaranya Engklek dan Boi-boian, bersama puluhan anak-anak disela-sela kegiatan Program P2WKSS, di Desa Gunungkarung Kecamatan Luragung, Senin (24/09/2018).

Istri Bupati Kuningan sekaligus Bunda PAUD tampak larut dan menikmati beragam permainan tradisional yang sudah banyak di tinggalkan oleh anak-anak. Perkembangan teknologi yang pesat, juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan permainan sederhana tersebut tak lagi menjadi permainan favorit anak zaman sekarang.

Maka dari itu, Ia mengajak kepada seluruh masyarakat kuningan untuk kembali memelihara dan merawat budaya yang sudah sejak lama ada. Banyak orang mulai melupakan atau bahkan tak mengetahui ragam permainan ini. Padahal permainan tradisional itu mudah, murah, sederhana, bikin senang karena memancing tawa, dan tubuh lebih sehat karena bergerak.

"Selain menyehatkan, mengenalkan kembali permainan tradisional merupakan cara melestarikan budaya. Fokusnya ingin mengedukasi masyarakat, membangun kesadaran mereka untuk olah tubuh. Karena seringkali kesibukan bekerja setiap hari membuat banyak orang usia produktif tak sempat melakukan olah tubuh,”papar Ika.

Atas dedikasinya mengenalkan dan melestarikan budaya, Hj. Ika Acep Purnama diganjar penghargaan sebagai “Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Mitra Terbaik Inovator Pelestari Budaya Permainan Tradisional Anak”. *PUBDOK*


Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: