Navigation

Pemkab Kuningan Gelar Shalat Istisqa di Halaman Setda









Humas Setda-Pemerintah Kabupaten Kuningan  menggelar Shalat  Istisqa yaitu shalat untuk diturunkannya hujan,  berlangsung di Halaman Setda yang dilakukan Pukul 09.00 WIB. Ratusan  jemaah turut melaksanakan shalat tersebut. Selaku Imam KH. Muhtamad, dan Khotib KH. Endang Samsudin Fallah, Jum'at  (8/10/19).

"Shalat Istisqa ini sebagai ikhtiar  memohon doa kepada  Allah agar diturunkan hujan. Sehingga kebutuhan air sebagai salah sumber kehidupan dapat terpenuhi dimana kondisi saat ini dihadapkan dengan musim kemarau,"ungkap Bupati Kuningan H. Acep Purnama.

Dikatakan Bupati Kuningan, kebutuhan air begitu besar untuk kehidupan sehari-hari, dan memenuhi perairan untuk ladang, pesawahan dan kolam. Bukan hanya kita namun hewan dan tumbuhan juga. Untuk itu kepada masyarakat untuk senantiasa memohon kepada allah untuk diturukannya hujan.

Sementara ini untuk mengantisipasi kekurangan air di masyarakat. Menurut Bupati Pemerintah terus berupaya memenuhi kebutuhan dengan memberikan bantuan air  pengiriman melalui tangki.

Imam Shalat Istisqo  KH. Mutamad  dari Ponpes Husnul Khotimah, sebelumnya menyampaikan, Salat Istisqa  ini dilaksanakan di tanah lapang. Dengan  dua rakaat kemudian setelah itu diikuti oleh khutbah  dua kali oleh seorang khatib. Khutbah salat istisqa sendiri memiliki ketentuan tersendiri diantaranya, Pada khutbah pertama hendaknya membaca istigfar 9 kali sedangkan pada khutbah kedua 7 kali.

Ia menambahkan, untuk khutbah berisi anjuran untuk beristighfar (memohon ampun) dan merendahkan diri kepada Allah serta berkeyakinan bahwa permintaan akan dikabulkan oleh-Nya, Pada khutbah ke-dua khatib berpaling ke arah Kiblat  dan berdo'a bersama-sama, Saat berdoa hendaknya mengangkat tangan tinggi-tinggi.

Shalat Istisqo ini, hadir juga Bupati Kuningan H. Acep Purnama, Wabup Kuningan, H.M Ridho Suganda, Sekda Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si. Perwakilan TNI, Polri, Jajaran Lingkup Setda, SKPD, dan Pelajar.(nana/pubdok) 

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: