Navigation

Ketua Dekranasda Kuningan Paparkan Materi Batik Khas Kuningan






Humas Setda – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama, di daulat menjadi salahsatu pemateri dalam Sosialisasi Kegiatan Inkubator Bisnis dan Seminar Kewirausahaan, dengan tema “Set Up Your Mind To Be A Creative Entreupreneur”, yang digagas oleh Balai Diklat Industri Jakarta – Kementerian Perindustrian RI, di Hotel Grage Sangkan, Kamis (10/10/2019).

Dihadapan 100 Industri Kecil dan Menengah (IKM) binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan. Ika memaparkan seputar Batik Khas Kuningan yang merupakan produk unggulan Kabupaten Kuningan. Batik khas Kuningan memiliki ciri khas 3 icon Kabupaten Kuningan, yaitu Kuda, Bokor Emas dan Ikan Dewa. Serta beberapa motif batik lainnya, gunung ciremai, perjanjian linggarjati dan lainnya yang berkaitan dengan sejarah kuningan.

“Kabupaten Kuningan merupakan salahsatu Kabupaten di Jawa Barat yang mulai memiliki batik khas sendiri sejak Tahun 2008,”terang Ika.

Untuk sentra batik sendiri terdapat di beberapa Kecamatan, diantaranya Kecamatan Jalaksana, Kecamatan Cilimus, Kecamatan Kramatmulya dan Kecamatan Cigugur. Terdiri dari beberapa pengrajin, diantaranya, IKM Nisya Batik, IKM Bojongsari, IKM Indah Mekar, IKM Batik Sampora dan IKM Batik Paseban.

“Diharapkan dalam pengembangan Batik Khas Kuningan, para IKM harus bisa menerapkan lima hal. Diantaranya, peningkatan kualitas produk, inovasi, pemanfaatan teknologi, mengikuti tren pasar dan gunakan aplikasi pembukuan,”pungkas Ika. (Handy).
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: