Navigation

PEMUDA DITUNTUT BERJIWA WIRAUSAHA, BERDAYA SAING DAN PEDULI SESAMA



Langkah menuju Indonesia yang berdaya saing dan bermartabat sangat tergantung pada karakter pemuda yang kokoh serta mengedepankan akhlak mulia di atas semangat persatuan dan kesatuan Indonesia.
Karakter yang kokoh memiliki ciri semangat patriotik, jiwa nasionalis, jati diri yang mengakar, berwawasan luas, kecerdasan yang mencerahkan, kepedulian yang merekatkan, serta keteguhan untuk bersatu yang semuanya dinaungi oleh nilai-nilai pancasila dalam bingkai Negara kesatuan republik Indonesia.
Hal tersebut disampaikan Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda saat membacakan sambutan tertulis Menteri Negara Pemuda dan Olahraga pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-83, Jum’at (28/10) bertempat di Pandapa Paramarta komplek stadion mashud wisnusaputra.
Turut menghadiri Dandim 0615 Kav Sugeng Waskito Aji, Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Utje Ch Suganda serta beberapa Kepala SKPD lingkup Pemkab Kuningan. 
Ikut menghadiri
Menurutnya, dalam memasuki era globalisasi yang terus berjalan siap atau tidak pemuda dituntut untuk dapat menghadapi berbagai tantangan.”Pemuda dituntun mampu Berjaya dalam era baru serta sekaligus tidak boleh kehilangan identitas diri keindonesiaan,” tandasnya
Dengan demikian, lanjut Ia, tangtangan baru ke depan untuk bangsa, khususnya untuk pemuda harus kita antisipasi, dengan tema “Bangun pemuda Indonesia yang berjiwa wirausaha, berdaya saing, dan peduli sesama,” mengisyaratkan bahwa peran kaum muda harus lebih maksimal untuk membawa bangsa semakin jaya dimasa mendatang.
“Kita harus mendorong dan aktif mempersiapkan orang muda untuk memasuki atau menjadi wirausaha, menciptakan lapangan kerja untuk dirinya dan untuk orang lain, memutar perekonomian Indonesia dan memajukannya, bukan saja pada level nasional tapi juga level internasional atau paling tidak level ASEAN,” tambahnya
Lebih lanjut Bupati Aang mengatakan pengembangan kegiatan kesukarelaan merupakan hal yang cukup strategis untuk diberdayakan secara terus-menerus, berbagai macam kegiatan kesukarelaan harus dikembangkan serta memberi peluang agar pemuda dapat menunjukkan kepeduliannya namun tidak terlepas dari dukungan pemerintah serta masyarakat seperti penanggulangan bencana perlu didorong menjadi rajutan berbagai macam sosial publik agar menjadi kuat.
Bupati Aang berharap kita semua mampu lebih memaknai hari sumpah pemuda, “Kita harus menyiapkan ruang yang luas bagi pemuda Indonesia untuk berkreasi, berkreativitas, bersosial wirausaha, berekonomi kreatif agar digeluti oleh pemuda untuk ikut serta berpartisipasi,” pungkasnya.(Beben)

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: