Navigation

PENDIDIKAN ANAK HARUS DIMULAI DARI RUMAH







Ribuan anak tumpah ruah mengikuti kegiatan Gebyar Hari Anak Nasional (HAN). Begitu tampak kecerian dari raut anak-anak ini, terlebih lagi saat meyaksikan pagelaran yang ditampilkan anak sebayanya. Sambil menikmati indahnya panorama alam Wisata Linggar Jati. Karena HAN kali ini digelar di Objek Wisata sejarah Linggar Jati Kuningan, Selasa (18/10), dan di buka langsung oleh Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda. Hadir juga Dandim 0615 Kuningan Letkol Kav. Sugeng Waskito Aji, Ketua Pengadilan Erwan Toni, SH, MH, Wakil Ketua DPRD Toto Suharto serta Ketua TP. PKK Kuningan Hj. Utje Ch. Suganda.

Dalam arahannya Bupati Kuningan menuturkan, memperingatan Hari Anak Nasional (HAN) meningatkan kita pada tiga hal, pertama, kita memang harus memberikan perlindungan kepada anak-anak kita; Kedua, kita harus terus mendidik anak-anak kita; Ketiga, yang tidak kalah pentingnya, kita harus senantiasa memberikan kasih saying kepada mereka semua.

Pendidikan anak harus dimulai atau bermula dari pendidikan anak-anak di rumah tangga yang menjadi tugas dan tanggung jawab para orang tua, khususnya berupa pengasuhan, pembimbingan, dan pemberian arahan untuk menuju masa depan yang benar. Termasuk di dalamnya orang tua juga bertanggung jawab di dalam membentuk kepribadian anak.

Pendidikan yang kedua adalah di sekolah, sebagaimana yang kita jalankan sekarang ini. Guru dan pendidik memiliki peranan penting. Pendidikan yang benar tentu saja bukan hanya berkaitan dengan ilmu dan pengetahuan, tetapi para pendidik, para guru, pada hakekatnya juga mendidik anak-anak kita untuk memiliki mental kepribadian yang baik,  fisik yang baik, dan intelek atau kecerdasan yang baik.

“ Pendidikan Anak Harus Di mulai Dari Rumah “ Pinta Aang, dan itu menjadi tanggung jawab para orang tuanya.

Selain itu, Bupati juga menjelaskan, perlunya perlindungan dari diskriminasi, ekploitasi baik ekonomi maupun seksual, penelantaran, kekejaman, kekerasan, penganiayaan, ketidakadilan dan perlakuan salah lainnya

Melalui penyelenggaraan peringatan HAN ini Bupati mengharapakan, bukan sekedar ceremonial dari ketentuan wajib setiap tahun tetapi ditujukan untuk menggalang dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan terhadap pemenuhan hak-hak anak.

Untuk itu, Bupati mengajak seluruh guru dan orang tua lebih meningkatkan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak untuk tumbuh dan berkembang secara sejahtera agar terbentuk generasi penerus yang tangguh, sehat, jujur, cerdas, berprestasi dan berakhlak mulia.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Drg. Kadaryanto, MM. Mars, mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran seluruh steakholders, akan pentingnya memberikan perlindungan, pemenuhan hak-hak anak, serta pelayanan holistic integrative kepada semua anak tanpa diskriminasi.

Untuk memeriahakan kegiatan HAN ini telah digelar beberapa perlombaan, meliputi lomba mewarnai, lomba egrang, kreasi seni tari, sikat gigi masal dan beberapa lomba lainnya yang melibatkan anak-anak PAUD dan TK. Selan itu pada kesempatan tersebut dilakukan Pekan Imunisasi Nasional dan pengukuhan Ibu Hj. Utje Ch. Suganda sebagai bunda PAUD Kabupaten Kuningan. ( DOniS )

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: