Navigation

Kuningan Kampanye Imunisasi Campak dan Polio


Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Kesehatan akan melaksanakan imunisasi campak dan polio di seluruh kecamatan mulai tanggal 18 Oktober hingga 18 November 2011. Kamis (13/10) melakukan rapat kesiapan pelaksanaan kegiatan yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Drs. H. Yosep Setiawan, M.Si. didamping Kepala Dinas Kesehatan Drg. H. Kadaryanto. Dihadiri seluruh camat dan Satuan Kerja Perangkat Daerah yang terkait lainnya. Bertempat di Ruang Rapat Dinas Pendapatan Kabupaten Kuningan.

Dikatakan Drg. Kadaryanto, campak dan polio adalah penyakit yang sangat potensial menimbulkan wabah. Penyakit ini dapat dicegah dengan pemberian imunisasi campak dan polio, melalui cara pengendalian penyakit campak dan polio. Di mana Imunisasi polio bagi anak yang berumur 0 sampai 59 bulan, sedangkan imunisasi campak adalah anak yang berumur 9 sampai 59 bulan.

Menurutnya, kampanye campak dan polio adalah penggerakan kelompok sasaran imunisasi untuk mendapatkan imunisasi campak dan polio tambahan tanpa memandang status imunisasi Pencanangan imunisasi ini, kata dia, untuk mencegah anak-anak dari penyakit campak. Campak adalah infeksi masa kanak-kanak, penyebab campak adalah virus. Setelah cukup umum, sekarang campak dapat dicegah dengan vaksin. 

Tanda dan gejala campak antara lain batuk, pilek, radang mata, sakit tenggorokan, demam dan ruam, juga kulit menjadi merah bernoda kotor. Campak bisa serius dan bahkan fatal bagi anak-anak kecil. Sedangkan imunisasi untuk polio, katanya, untuk mencegah dampak kelumpuhan total atau permanen. 

Sementara itu dalam arahannya Sekda Kuningan menuturkan, Pemerintah  sangat peduli terhadap kesehatan para bayi maupun balita, salah satunya adalah program imunisasi campak dan polio seperti ini, sekaligus mensukseskan imunisasi nasional.

Adapun pelaksanaannya akan dilakukan mulai tanggal 18 Oktober hingga 18 November 2011. Dengan ketentuan 2 minggu pelayanan imunisasi dan 2 minggu kegiatan sweeping dan penyelesain pencatatan dan pelaporan. Untuk tempat pelaksanaan vaksinasi di pos-pos terdekat yang tersedia di desa dan kecamatan di wilayah Kabupaten Kuningan. Untuk terlaksananya program ini Sekda Kuningan mengharapakan pihak kecamatan untuk terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak yang terkait menganai kesiapan pelaksanaanya. 

Sekda Kuningan juga mengharapkan  untuk mencapai target reduksi campak dan eradikasi polio di kecamatan masing-masing  meminta kepada orang agar anaknya di imunisasi  kepada petugas yang ditunjuk dalam pemberian imunisasai nanti. Hal ini dilakukan untuk langsungan hidup anak-anak dimasa yang akan datang. NANA SUHENDRA
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: