Navigation

Para Pelaku PNPM Terima Penghargaan Bupati






Para Pelaku PNPM di tingkat Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Kuningan mendapatkan penghargaan si Kompak Award dari Bupati Kuningan atas kinerjanya yang baik  yang terbagi dengan 5 kategori. Penyerahan ini disaksikan Unsur Muspida, Kepala Dinas BPMD, Drs. Kamil Ganda Permadi, MM. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan  Forum Pimpinan Daerah,  Pimpinan SOPD, Kepala BPMD beserta PJO Kabupaten,  Fasilitator Kabupaten PNPM MP dan Para Camat dan PJO Kecamatan, bertempat GOR Ewangga, Rabu (5/10).

Ketua panitia pelaksana Dany Nuryadin, menuturkan,  Peserta Gelar kapasitas pelaku ini memiliki beberapa kategori Peraih penghargaan yang diikuti 29 kecamatan dengan 5 peringkat terbaik tingkat kabupaten. Pertama, Kategori Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD). Kedua, Kategori Unit Pengelola Kegiatan (UPK) .Ketiga, Badan Pengawas Unit Pengelola Kegiatan (BP-UPK). Kelima, Pendamping Lokal (PL) Dan Kategori Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Di ikuti oleh sekitar 900 KPMD yang berada di 335 Desa Penerima Program yang kemudian disaring menjadi 5 peringkat terbaik tingkat kabupaten.

Dijelaskannya,PNPM Mandiri Perdesaan dan PNPM Generasi Sehat dan Cerdas merupakan program lanjutan dari pemerintah Pusat yang dimulai pada Tahun 1998 dengan nama Program Pengembangan Kecamatan (PPK) yang rencananya akan dilaksanakan sampai tahun 2014 mendatang.

Program ini sangat terasa dan dapat kita rasakan hasilnya oleh masyarakat Kabupaten Kuningan mulai desa hingga  Kelurahan.  Disebutkan Dany,  Hasil program yang selama ini telah dilaksanakan sampai tahun 2011 meliputi, Sarana Air Bersih  14.147 M, Aneka Bangunan 1 unit, Bangunan Pelengkap  109.767 M2, Gedung Kesehatan 336 Unit, Irigasi 78.052 M, Jalan 116.058 M.
Dan juga Jembatan 35 buah, MCK/WC SD 30 unit, Pasar 7 Unit, Prasarana Kesehatan  595 Unit, Prasarana Pendidikan  733 unit, Prasaranan umum 39.370 M2, Sarana & Perlengkapan Kesehatan 72 Unit, Sekolah 53 Lokal, dan Simpan Pinjam Perempuan 1.280 Kelompok

“Dengan total anggaran yang sudah di realisasikan sampai 2010 sebesar 152 Milyar berasal dari APBN dan 31,4 Milyar yang berasal dari APBD berupa dana Coastsharing,”ungkapnya.
Lebih lanjut Bupati Kuningan dalan arahannya, menuturkan, penghargaan yang diberikan ini sebagai  bentuk apresiasi terhadap keberadaan para pelaku PNPM Mandiri Perdesaan yang telah melaksanakan program dengan baik. Dan upaya  memotivasi para pelaku untuk terus berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat di Kabupaten Kuningan.
Bupati Kuningan juga mengingatkan, untuk meningkatkan kebersamaan antara pemerintah dengan masyarakat dengan memperkuat koordinasi antar pelaku PNPM Mandiri Perdesaan, baik secara vertikal maupun horizontal. Hindari terjadinya penyimpangan atau penyalahgunaan anggaran.
”Dan kembangkan semangat dan motivasi untuk selalu Bangga Membangun Desa. Sehingga desa yang ada di Kabupaten Kuningan menjadi desa yang sejahtera dan mandiri,”pungkasnya. (NANA)
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments:

  1. TPK PNPM Nusaherang5 Oktober 2011 pukul 17.19

    Selamat & sukses, semoga para pelaku tetap konsisten dlm memperjuangkan pemberdayaan masyarakat. Terima kasih pula kpd Pemkab Kab. khususnya Bpk. Bupati beserta jajarannya, yg senantiasa tetap eksis memperjuangkan kebutuhan masyarakt perdesaan. Acara td merupakan bentuk apresiasi bagi Kami para pelaku serta seluruh lapisan masyarkt di perdesaan.Semoga Kuningan bs tetap "Tandang dina Pangwangunan, sangkan Rahayat na Hurung Ragumang". Amin....

    BalasHapus