Navigation

SMPN I KRAMATMULYA MENUJU DIWIYATAMA MANDIRI TINGKAT NASIONAL





Humas Setda-SMPN 1 Kramatmulya  merupakan sekolah berbasis lingkungan setelah lolos seleksi ditingkat profinsi, kini menjadi perwakilan profinsi untuk bersaing ditingkat nasional sebagai sekolah yang peduli dan berbudya lingkungan untuk meraih  Adiwiyata Mandiri, Jumat (17/11/17).

Tim penilai tingkat nasional sudah mulai melakukan tinjuan langsung ke lapangan. Dalam kesempatan itu Kepala Sekolah SMPN I Kramatmulya yang sekaligus Ketua PGRI Kuningan.  Hadir juga Bupati Kuningan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudyaan, Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si. dan lainnya.

Tim penilai Noor menuturkan, sebelum dilakukan penilai puncak nanti mohon kiranya sarana dan prasarana lebih diperbaiki, seperti ditambahnya resapan air dengan menggunakan paving block, pemberiaan nama-nama pohon untuk dicantumkan baik nama indonesia maupun latin, keterlibatan peserta didik akan lingkungan harus lebih dikut sertakan.  

“Program adiwiyata mendorong tumbuhnya sekolah dengan tata kelola yang baik yang dapat memberikan pembelajaran warga sekolah untuk bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,”jelasnya

Dengan program Adiwiyata ini, Tim Penilai mengatakan warga sekolah diajarkan untuk peduli dan berbudaya lingkungan serta berkarakter cinta lingkungan. Sekolah Adiwiyata sebagai satu komunitas pendidikan memberikan kontribusi yang sangat penting bagi pengelolaan lingkungan hidup.

Sementara itu Bupati Kuningan mengatakan, Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi untuk penerpan kepedulian akan lingkungan terus dilakukan terutama di lingkungan sekolah. Karena hal ini selain sebagai bentuk kepedulian kepada alam, namun akan diraskan juga baik dalam waktu dekat maupun jangka panjang. Seperti halnya dapat meningkatkan suasana belajar. Sehingga anak akan merasa betah di sekolah.

Dalam upaya meningkatkan sekolah berwawasan lingkungan, Bupati Kuningan meminta arahannya  dari tim pinilai untuk melakukan pelatihan atau seminar di Kuningan. Hal apa saja yang mesti dilakukan dan dipersiapkan agar sekolah di Kuningan tingkat kepedulian akan lingkungan semakin meningkat baik di tingjkat SD hingga SMA/SMK. Bahkan setingkat Perguruan Tinggi. (Suhendra/Pubdok)

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: