Navigation

PEMKAB KUNINGAN DAN KOTA BANDUNG APLIKASI SMART CITY

Pemerintah Kabupaten Kuningan, menjalin kerjasama dengan Kota Bandung dalam Pengembangan dan Implementasi Aplikasi Smart City. Menyusul dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Kuningan, Drs. Teddy Suminar, M.Si, dan Kepala Diskominfo Kota Bandung, Dr. Ahyani Raksananagara, bertempat di Balai Kota Bandung, Rabu (1/11/2017).
Kerjasama antar daerah itu merupakan tindak lanjut kesepakatan Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. dengan Wali Kota Bandung H. Ridwan Kamil untuk mendukung terselenggaranya Smart City di Provinsi Jawa Barat. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, Drs. Teddy Suminar, M.Si mengatakan kerja sama ini sebagai sarana transfer berbagai aplikasi smart city  yang dimiliki Pemerintah Kota Bandung.
Diharapkan terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dengan berbasis teknologi informasi yang dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas serta sinkronisasi dalam tata kelola pemerintahan," kata Teddy Suminar, mewakili Bupati Kuningan H. Acep Purnama. Dalam pengembangan serta penerapannya nanti, akan tersedia daftar atau respositori aplikasi yang dapat dimanfaatkan cuma-cuama oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan. Penetapan aplikasi akan diunduh dan diaplikasikan serta dikembangkan.
"Bahkan untuk perencanaan, penyiapan infrastruktur, sarana dan prasarana, termasuk SDM, administrasi serta penganggaran untuk instalasi, pengembangan dan implementasi aplikasi sepenuhnya dilakukan oleh Pihak Pemerintah Kota Bandung dalam hal ini Diskominfo Kota Bandung,” jelasnya.
Ia menerangkan, dalam tahapannya akan dilakukan persiapan implementasi aplikasi Smart City, kemudian instalasi dan pengembangan aplikasi Smart City. Tahapan berikutnya adalah proses transfer of knowledge melalui pelatihan-pelatihan, serta pendampingan operasionalisasi aplikasi Smart City
“Beberapa waktui lalu usai penandatanganan MoU, Pak Ridwan Kamil  menyarankan, Aplikasi yang dinamai Aplikasi Sabilulungan (Aplikasi Bantuan Sosial) dianggap perlu untuk penguatan birokrasi di Kabupaten Kuningan. Karena aplikasi Sabilulungan sudah bekerja sama dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang terbukti memajukan birokrasi di Kota Bandung," paparnya. (Atisna/Pubdok)*.
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: