Navigation

WABUP TANAM KEDELAI DI DESA CIBULAN





Wakil Bupati Kuningan H.M. Ridho Suganda melakukan penanaman tanaman kedelai di Desa Cibulan Kecamatan Cidahu, Selasa 27 September 2019. Hadir dalam kesempatan tersebut Dr. Ir. Maman Suherman, MM Penanggung jawab UPSUS Pajale Kementerian Pertanian RI Wilayah Provinsi Jawa Barat, Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan, Plt. Kepala Dinas Pertanian Ir. H. Dodi Nurohmatudin, Camat Cidahu Rusmiadi, S.Stp serta Kepala Desa Cibulan.

Menurut Wakil Bupati (Edo) pembangunan pertanian adalah salah satu kegiatan yang sangat strategis untuk mendorong perekonomian kerakyatan, selain dapat memenuhi kebutuhan pokok, juga sebagai penghasil devisa yang dapat diandalkan serta dapat menyerap tenaga kerja cukup besar. Dengan luas bahan baku sawah mencapai 26.323 Ha, Kabupaten Kuningan sangat potensial untuk menjadi Kabupaten Pertanian.

Pada tahun 2018 produksi padi di Kabupaten Kuningan mencapai 367.357 ton, jagung 14.778 ton dan kedelai 1.342 ton, kondisi ini tentunya belum dirasa maksimal, perlu terus ditingkatkan, terlebih pada komoditas kedelai yang masih rendah karena untuk memenuhi kebutuhan konsumsi kedelai di Kabupaten Kuningan membutuhkan 500-600 ton/bulan.

Saat ini Kabupaten Kuningan masih mengandalkan kedelai dari luar/import, oleh karena itu salah satu upaya dalam memenuhi kebutuhan akan kedelai tersebut salah satunya perlu memanfaatkan lahan-lahan yang tidak produktif menjadi lahan produktif seperti di Desa Cibulan ini.

“saya sangat mengapresiasi terhadap apa yang dilakukan oleh Kepala Desa Cibulan yang mengubah lahan Ex galian C menjadi lahan produktif dengan ditanami kedelai”. Papar wabup.

Wabup juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian RI yang telah memberikan bantuann pada tahun 2018-2019 diantaranya bantuan benih gogo sawah, kedelai 200ha, bantuan rehab jaringan irigasi 1000ha, hand traktor 80 unit, pompa air 90 unit, cultivator 3unit, traktor roda 4 (3unit) dan hand sprayer 291 unit.

Desa Cibulan yang mampu mengubah lahan ex galian c menjadi lahan pertanian dan perkebunan merupakan salah satu contoh Desa Pininjul, hal ini tentunya sejalan dengan Visi Kuningan, Ma’mur, Agamis dan Pinunjul berbasis desa tahun 2023. Kedepan semua desa di Kabupaten Kuningan dapat mengembangkan potensi yang ada didesanya untuk nantinya didorong oleh Pemeritah Kabupaten Kuningan menjadi desa pinunjul sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terwujud dengan cepat. Tutup Edo. *DoniS*


Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: