Navigation

Ketua TP PKK Kuningan Hadiri Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi







Humas Setda Kuningan – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Siti Rahmatika, didampingi jajaran Pengurus TP PKK Kabupaten Kuningan, menghadiri dan mengikuti Lomba Cipta Menu (LCM) 2019, bertempat di lapangan parkir Gedung Sate Provinsi Jawa Barat, Selasa (13/08/2019). Sebanyak 26 tim dari Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Kota di Jawa Barat mengikuti Lomba Cipta Menu 2019.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat, Kusmayadi mengatakan, nantinya juara umum akan mewakili Jawa Barat pada Festival Pangan Lokal Tingkat Nasional, yang akan diselenggarakan pada Hari Pangan Nasional yang akan dilaksanakan pada 10 Oktober di Kota Kendari Sulawesi Tenggara.

"Terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas partisipasi keikutsertaan 27 Kabupaten dan Kota, akan tetapi minus Kota Bekasi. Semoga seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat terus berinovasi dan berkontribusi untuk Jabar Juara,”harapnya.
Lomba Cipta Menu antara lain terkait penggunaan bahan lokal, inovasi, hingga disajikan berupa paket lunch box yang berisi pangan pokok, lauk hewani, nabati sayur dan buah. Kemudian disertai dengan resep dan analisis sederhana bisnis, mulai biaya bahan baku dan harga jual paket Lunchbox. 
"Tentunya dengan berbasis sumber daya lokal yang aman dan halal. Citarasa juga menjadi bagian penilaian dan juga inovasi," jelasnya. Juri kemudian memutuskan Kota Bogor menjadi perwakilan untuk kejuaraan Tingkat Nasional.
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil mengatakan kita patut bersyukur karena musim Indonesia mendukung keanekaragaman pangan.
"Dari keliling setiap STAN, saya melihat banyak makanan inovatif bersumber pangan lokal seperti hanjeli, singkong, bahkan ada yang pakai daun katuk dan kelor," ujarnya.
Ini membuktikan bahwa inovasi pangan selalu dilakukan masyarakat, sehingga terkadang Ia cukup heran masih menemukan masyarakat yang hanya memberikan lauk seadanya kepada anak-anak, misal hanya kerupuk dan kecap atau dengan hanya ikan asin. Yang penting kenyang.
"Artinya belum bisa memanfaatkan potensi sekitar. Padahal kan bisa memelihara ikan atau menanam sayuran dihalaman. Ini baik untuk keanekaragaman pangan dan lauk," tuturnya.
Sehingga ia mendorong penggerak PKK Kabupaten/Kota untuk selalu mengajak masyarakat untuk memanfaatkan potensi sekitar. (handy).


Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: