Navigation

MENTERI SUSI KAMPANYEKAN GEMARIKAN DI KUNINGAN






Kuningan- Menteri kelautan dan perairan, Susi Pudjiastuti didampingi oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama Sh.,Mh  mengkampanyekan Program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dan Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina (Gemasatukata) sekaligus dalam rangka ulang tahun Milad PUI ke 67  di Bale Desa Cilimus. Kamis (11/04/2019).

Pada kesempatan tersebut turut hadir Sekjen menteri KKP, Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda Sh., M.Si, Sekertaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr.H Dian Rachmat Yanuar M.Si, Ketua PUI Kabupaten Kuningan Drs. H. Toto Toharuddin, M.Pd, Wakil Ketua DPRD Kokom Komariah.

Program Gemarikan ini sebagai sarana menanggulangi persoalan stunting dan gerakan masyarakat sadar mutu dan karantina ikan, bentuk program ini berupa memberikan bantuan berupa 1 ton ikan konsumsi, 12 lubang budidaya sistem bioflok, 100.000 ekor benih nila, dan 1 ton pakan mandiri.

Menteri Susi berpendapat, selain untuk mencegah gangguan pertumbuhan (stunting), mengonsumsi ikan juga membantu membangun sumber daya manusia (SDM) yang cerdas dan berkualitas.

Di Indonesia sendiri, pada tahun 2017 untuk memenuhi kebutuhan pangan 265 juta warga negaranya dibutuhkan 12,6 juta ton ikan. Dengan asumsi laju pertumbuhan penduduk 0,6 persen dan angka konsumsi ikan 50 kg per kapita, diproyeksikan pada 2045 mendatang, untuk memenuhi kebutuhan 318 juta warga negara Indonesia dibutuhkan 15,9 juta ton ikan.

Oleh karena itu, tak hanya di laut, penangkapan ikan yang bertanggung jawab juga harus dilakukan di semua perairan, baik danau, sungai, embung, dan sebagainya. Untuk itu, Menteri Susi mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan penangkapan yang merusak dengan bom, portas, dinamit, setrum, dan sebagainya.

Selanjutnya rombongan menuju Ponpes Manabul Huda Desa Sidaraja Kec.Ciawigebang. Di sana juga diserahkan 1 ton ikan konsumsi, 12 lubang budidaya sistem bioflok, 100.000 ekor benih ikan nila, dan 1 ton pakan mandiri, untuk memenuhi kebutuhan konsumsi santri. (Ygs/pubdok)

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: