Navigation

Ubar Sev-Ind, Ekspresikan Dirimu Melalui Lingkungan dan Sekitarnya





Humas Setda-Pembangunan sumber daya alam harus terus digulirkan oleh semua pihak, antara lain mengupayakan secara terpadu gerakan sadar  lingkungan disemua  tatanan kehidupan seperti anak-anak sekolah, masyarakat dan lembaga pemerintahan maupun swasta. Hal ini diungkapkan Plt Bupati Kuningan saat menghadiri kegiatan Ulin Bareng (Ubar) Sidekick-Escudo-Vitara (Sev-Ind) Chapter Ciayumajakuning, berlangsung di  Kebun Raya Kuningan (KRK) Desa Pada Beunghar, Minggu (15/4/2018).

Plt Bupati Kuningan menuturkan, upaya-upaya pembangunan sumber daya lam diantaranya, melakukan gerakan rehabiitasi lahan dan konservasi tanah di dalam kawasan hutan dan di luar kawasa hutan. Menangani daerah resapan air untuk menjaga keseimbangan air resapan guna memperbesar  debit air tanah. “Berpartisipasi  dan berperan aktif dalam mencegah kerusakan lingkungan dan upaya pemulihan kualitas lingkungan,”ungkapnya.

Ia mengatkana, pentingnya menjaga dan memelihara sumber daya alam dan lingkungan termasuk sumber daya mata air karena dampak negative dari keruskan lingkungan  tidak dapat diukur secara pasti. Bisa tiba-ba  atau baru akan terasa beberapa waktu kemudian, sedangkan upaya pemulihannyapun  sangat sulit membutuhkan waktu yang sangat panjang.

“Sebagai  Kabupaten Konservasi berkomitmen untuk melindungi system penyangga kehidupan, pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan, pengawetan keanekaragaman sumber daya alam, pertimbangan kearifan lokal dan kondisi sosial ekonomi masyarakat,”ungkapnya. 

Ia menyebutkan untuk mendukung program penghijauan. Kuningan sudah memiliki program seperti  pepeling, Apel, Seruling, One Men One Tree, One Billion Tree, Perlindungan Mata Air, Mapeling. Penanaman pohon pada kanan kiri jalan dan sebagainya. “Alhamdulillah tak jarang dari pihak komunitas pun memberikan kecintaaanya kepada Kuningan dengan melakukan penanaman. Seperti yang dilakukan(Sev-Ind) Chapter Ciayumajakuning,”katanya.

Momentum dari kegiatan ini, ia mengatakan,  sangat erat sekali kaitannya dengan komitmen kita semua dalam pembangunan lingkungan hidup  di Kabupaten Kuningan yang berkelanjutan dalam kerangka Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi.

Ketua (Sev-Ind) Chapter Ciayumajakuning mengatakan, kegiatan ini mengusung tema  “Ekspresikan dirimu melalui lingkungan dan sekitarnya”. Dengan kegiatan diantaranya penanaman  bibit pohon disekitar Kebun Raya Kuningan (KRK) Desa Pada Beunghar. Sekaligus menikmati obyek wisata alam Kuningan  yang begitu banyak dan tidak membosankan. “Tentunya kami akan datang kembali karena Kuningan memiliki pesan dan kesan,”katanya dengan menghirup udara yang segar.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Kuningan melakukan penanaman pohon yang didampingi Ketua     (Sev-Ind) Chapter Ciayumajakuning di Lokasi KRK, tepatnya sekitar lapang bumi perkemahan. Kearban pun disitu begitu tampak antara anggota. Bahkan ada yang membawa keluarga dan berkemah disana. (Suhendra-Pubdok)
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: