Navigation

KORPRI PEDULI BENCANA




Kehadiran negara atau pemerintah, walaupun secara kuantitas maupun kualitas memiliki variasi yang berbeda, tetapi dalam kehadirannya memang sangat diperlukan, yaitu untuk melindungi, mengayomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui berbagai kebijakan perencanaan yang strategis. Disamping itu pemerintah merupakan organisasi dari kumpulan pegawai yang bekerja disektor publik yang bertugas melayani masyarakat.
Kumpulan dari pegawai pemerintah tersebut terorganisasir secara formal dalam sebuah wadah yang disebut Korps Pegawai Indonesia (KORPRI). Sesuai keberadaannya lembaga tersebut mempunyai peran antara lain : Pertama, Kopri sebagai abdi negara yang memiliki tugas dan kewajiban untuk ikut melaksanakan kehidupan kenegaraan sesuai dengan amanah konstitusi dan semua peraturan hukum yang berlaku. Kedua, sebagai abdi masyarakat harus selalu memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat. Ketiga, peran sebagai abdi pemerintah yang senantiasa memberikan dukungan pada pelaksanaan pekerjaan pemerintahan yang dilakukan segenap jajaran pemerintahan mulai dari pusat sampai ke daerah di seluruh tanah air.
Sebagaimana yang disebutkan pada Instruksi Presiden Nomor 24 Tahun 2010 tentang Anggaran Dasar Korpri, dinyatakan bahwa posisi Korpri sebagai organisasi yang mandiri dan profesional yang kehidupan dan kegiatannya tidak terlepas dari kedinasan harus senantiasa bergerak bersama masyarakat lainnya. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan hubungan dengan masyarakat sebagaimana yang diamanahkan dalam Keputusan Dewan Pengurus KORPRI Jawa Barat Nomor 821.2/Kep.147/DP-PROV/III/2016 tentang Susunan Personalia Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Kuningan Masa Bakti 2015-2020, dalam keputusan tersebut kegiatan yang dilakukan oleh KORPRI Kabupaten antara lain adalah sosialisasi kelembagaan dan kemudian secara aktif ikut serta dalam kegiatan sosial kemasyarakat. Dalam hal ini yang dimaksud kegiatan sosial kemasyarakatan adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh lembaga yang sifatnya untuk kepentingan masyarakat, baik dalam bentuk fisik maupun non fisik. Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut antara lain dapat memberikan panutan kepada masyarakat dan dapat meningkatkan kinerja serta disiplin kerja bagi pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan.
Terkait dengan kegiatan sosial kemasyarakatan, pada hari Selasa 17 April 2018 Korpri Kabupaten Kuningan melaksanakan kunjungan ke lokasi bencana alam, sebagaimana diketahui bahwa Kabupaten Kuningan mengalami bencana alam akibat banjir dan pergerakan tanah yang mengakibatkan sebagian wilayah terdampak longsor dan pemukiman warga harus direlokasi, yang terparah terjadi di Kecamatan Ciniru dan Karangkancana, sehingga Pemerintah Kabupaten Kuningan membuat hunia sementara (huntara) dalam tahap pertama sebanyak 290 unit yang ditargetkan akan beres sebelum bulan Ramadhan tahun ini. Sehubungan hal tersebut di atas KORPRI Kabupaten Kuningan mencoba ikut membantu meringankan beban yang dipikul pemerintah daerah dengan mencoba memberikan barang-barang rumah tangga untuk melengkapi huntara khususnya yang berada di Desa Pinara Kecamatan Ciniru, berupa lemari pakaian. Barang-barang tersebut merupakan hasil rereongan pribadi dari para dewan pengurus dan satuan kerja Korpri Kabupaten Kuningan.
Menurut Dr.H.Dian Rahmat Yanuar, M.Si saat dikonfirmasi bahwa tujuan bakti sosial ini adalah meningkatkan Jiwa Korsa aktualisasi anggota Korpri guna mempererat silaturahmi anggota Korpri dengan masyarakat,
kita merasa senang dapat membantu secara langsung dan bertatap muka dengan korban bencana sebagai bentuk kepedulian korpri terhadap masyarakat Kuningan. Papar Dian.
Sementara itu Sekretaris Kecamatan Ciniru Udin menghaturkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Ketua KORPRI beserta jajaran yang telah memberikan batuan berupa alat-alat kebutuhan rumah tangga seperti lemari dan lain sebagainya, ini sangat membantu para korban bencana karena memang selama ini belum pernah ada yang memberikan bantuan semacam ini, jadi kami sangat terbantu. Tutup Udin.(Donis/Pubdok)


Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: