Navigation

TANGGULANGI BENCANA BPBD SAMAKAN PERSEPSI





Terkait kondisi wilayah Kabupaten Kuningan yang rawan terjadi bencana serta dampak yang ditimbulkannya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan menggelar kegiatan penyusunan Rencana Aksi Daerah Pengurangan Resiko Bencana (RAD PRB), Selasa (10/5/2016) di Aula GOW.
Ketua panitia Agus Mauludin, SE mengatakan maksud dari penyelenggaraan kegiatan ini yaitu tersusunnya dokumen rencana aksi daerah pengurangan resiko bencana dan rencana kontijensi bencana oleh BPBD dan stakeholder sebagai pedoman dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.
“Sementara tujuannya untuk menyamakan persepsi, meningkatkan pemahaman tupoksi, untuk menciptakan profesionalisme, komitmen, dan tanggung jawab bersama, sehingga terselenggaranya penanggulangan bencana yang cepat dan tepat sasaran tentu dalam rangka pelayanan prima kepada publik,” ujarnya.
Sementara itu Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama, M.H., menekankan perlunya penangulangan bencana yang tanggap, tangkas, dan tangguh melalui pengurangan risiko bencana terutama dalam situasi tidak terjadi bencana. “Pengurangan risiko bencana merupakan upaya sistematis untuk mengembangkan dan menerapkan kebijakan, strategi dan tindakan yang dapat mengurangi kerentanan dan risiko bencana yang dihadapi masyarakat, guna menghindari dan membatasi dampak negatif dari bencana.”
Lebih lanjut, Ia menjelaskan, dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana perlu adanya perhatian khusus, misalnya Dinas Bina Marga untuk mengurusi jalan harus melalui analisa daerah rawan bencana. “Penyelenggaraan penanggulangan bencana perlu menerapkan prinsip-prinsip perencanaan, program, pelaksanaan, serta pengawasan yang bermuara pada manfaat bagi masyarakat.”
Terkait kegiatan, Wabup mengatakan RAD PRB secara substansi merupakan kumpulan program kegiatan yang komprehensif dan sinergis dari seluruh pemangku kepentingan dan mencerminkan tanggung jawab semua pihak terkait. “Peserta diharapkan dapat merumuskan dan menyusun RAD PRB dan renkon bencana secara bersama-sama untuk kepentingan bersama sesuai karakteristik bencana di Kabupaten Kuningan,” harapnya.
“Masyarakat kuningan berharap banyak pada pemerintah dalam penanggulangan bencana, bukan saja tanggap dalam penanggulangan bencana namun lebih jauh lagi penyelenggaraan penanganan pasca bencana, berikan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat untuk antisipasi dini terhadap bencana.”
Hadir dalam kesempatan tersebut Dandim 0615 Kol. Inf Arief Hidayat, peserta dari BPBD, anggota Tim Reaksi Cepat (TRC).*** beben.
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: