Navigation

GUBERNUR JAWA BARAT RESMIKAN 4 GEDUNG SAMSAT BARU





Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meresmikan penggunaan empat gedung baru Kantor Cabang Pelayanan Dispenda Provinsi Jabar atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kantor Samsat di Kuningan, Selasa (24/5).
Empat Kantor Samsat tersebut terdiri dari Kantor Samsat Cabang Kuningan, Indramayu I, Purwakarta dan Bandung. Peresmian kantor Samsat tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti sekaligus peninjauan fasilitas gedung baru Samsat Kuningan yang pembangunannya menghabiskan anggaran Rp 19 miliar lebih tersebut.
Kepala Dispenda Provinsi Jawa Barat Dadang Suharto mengatakan, pembangunan empat kantor Samsat tersebut dalam rangka meningkatkan pelayanan publik guna menunjang kelancaran pelaksanaan pelayanan Dispenda Jabar. Dia berharap dengan telah dibangunnya gedung Samsat baru dengan sejumlah fasilitas dan sarana prasarana yang memadai, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan sekaligus kesadaran masyarakat untuk membayar pajak kendaraannya.
Ditambahkan Wakil Bupati Kuningan
Acep Purnama, pembangunan kantor Samsat yang salah satunya berdiri kokoh di Kabupaten Kuningan menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat kabupaten Kuningan. Apalagi dengan kondisi bangunan yang megah dan representatif dengan dilengkapi lahan parkir yang luas, ruang tunggu yang nyaman, kantin dan mushola diyakini dapat memacu peningkatan pelayanan yang optimal kepada para wajib pajak kendaraan di Kabupaten Kuningan.
“Sarana prasarana sudah baik dan lengkap, ditambah lagi program-program yang memberikan kemudahan seperti E-Samsat, Samsat Keliling (Samling) dan Samsat Gendong (Samdong) sehingga bisa menjangkau para wajib pajak hingga pelosok. Dengan segala kemudahan ini saya yakin masyarakat Kuningan akan lebih patuh untuk mau membayar pajak kendaraannya tepat waktu,” ungkap Acep.
Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku sempat bingung dengan agenda acara yang harus dipilih antara menghadiri kegiatan peresmian kantor Samsat atau acara kunjungan Menteri ATR di Ciamis. Namun karena pertimbangan Kantor Cabang Pelayanan Dispenda Provinsi Jabar alias Kantor Samsat sebagai sumber pendapatan terbesar pembangunan di Jawa Barat menjadikan Aher memilih datang ke Kuningan.
“Keberadaan kantor Samsat sangat penting bagi masyarakat Jawa Barat. Jika PAD Jawa Barat saat ini sebesar Rp 15 triliun, maka 70% di antaranya atau sekitar 10 triliun berasal dari pajak kendaraan bermotor (PKB) yang dikelola Dispenda. Oleh karena itu, dinas ini adalah yang paling berjasa dalam pembangunan di Jawa Barat,” ujar Aher, panggilan akrab Ahmad Heryawan.
Aher juga mengapresiasi dengan berbagai inovasi kemudahan pelayanan tambahan seperti Samling, Samdong dan e-Samsat sehingga menjadikannya sebagai pelopor dan percontohan bagi provinsi-provinsi lain. Ditambah diresmikannya empat kantor Samsat baru yang dibangun dengan berbagai kelengkapan sarana dan prasarana pendukung, Aher menegaskan hal tersebut juga sebagai upaya dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para wajib pajak menunaikan kewajibannya, yang nanti dampaknya pun akan kembali dirasakan oleh masyarakat. *DoniS*
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: