Navigation

GEMAR MAKAN IKAN CIPTAKAN SDM BERKUALITAS DAN ANDAL





Dalam rangka terus berupaya menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas dan handal pemerintah meluncurkan beragam program dan terobosan yang bisa secara langsung dirasakan dan berdampak, di antaranya gerakan memasyarakatkan makan ikan bagi siswa PAUD dan TK yang digelar Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan, Rabu (4/5/2015) di Desa Lebakwangi Kecamatan Lebakwangi.
Ir. Hj. Triastami mengatakan, hari ini dihadirkan sebanyak 605 orang anak berasal dari 15 PAUD dan 6 TK se-Kecamatan Lebakwangi dengan tujuan melaksanakan sosialisasi gerakan memasyarakatkan makan ikan. “Gemar makan ikan merupakan program pemerintah dengan mengajak berbagai pihak, untuk meningkatkan dan menggalang kesadaran masyarakat tentang pentingnya makan ikan dalam rangka menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas dan handal,” ungkapnya.
Menurutnya, mengingat pentingnya ikan bagi perkembangan kecerdasan otak dan kemampuan berpikir bayi anak-anak dan remaja serta manfaat protein bagi perkembangan mental, maka kebiasaan makan makan ikan harus dilestarikan setiap generasi. “Jika tidak, kita akan dibayangi terjadinya lose generation, maka dari itu  perlu diupayakan antisipasinya.”
Ia menargetkan tahun 2016 tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Kuningan sebesar 29,37 kg/kapita/tahun, dan diprediksi hal tersebut dapat dicapai pada akhir tahun 2016. “Saat ini jika dikaitkan dengan jumlah penduduk kuningan sekitar 1,1 juta orang maka untuk memenuhi tingkat konsumsi ikan tahun 2016 saja dibutuhkan sekitar 32.000 ton ikan dalam 1 tahun,” jelasnya.
Sementara itu Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama, M.H. mengatakan, jumlah kebutuhan konsumsi ikan di Kabupaten Kuningan apabila dibandingkan dengan hasil produksi ikan yang diusahakan di Kabupaten Kuningan yaitu 32 persen. “Untuk memenuhi kekurangan tersebut, maka dilaksanakan tiga kegiatan prioritas di bidang perikanan antara lain peningkatan budidaya, penangkapan, dan pengolahan,” ujarnya.
Menurutnya, untuk memperoleh manfaat yang optimal dalam mengkonsumsi ikan perlu dipahami cara menangani dan mengolah ikan membangun sector perikanan diperlukan keterpaduan yang holistic. “Dari kolam sampai ke meja makan”.
“Saya instruksikan agar jajaran dinas pertanian melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait bagaimana membuat rancang bangun supaya masyarakat mau meningkatkan konsumsi ikan hingga mencapai hingga mencapai paling tidak 125 gram per hari.”
Hadir dalam kesempatan tersebut Dandim 0615 Letkol Inf. Arief Hidayat, S.IP, Ketua TP PKK Hj. Ika Siti Rahmatika, Camat Lebakwangi Dede Dusro, S.PI, serta undangan lainnya. ***beben
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: