Navigation

JAJAT CALON PERAIH KALPATARU



Cinta memang selalu berbuah indah. Begitu rasa cinta Kepala SMAN 3 Kuningan Drs H Sudrajat MPd terhadap lingkungan. Berangkat dari rasa cintanya, banyak SMAN yang pernah dipimpinnya disulap menjadi sekolah berwawasan lingkungan.
Terakhir di SMAN 3 Kuningan, Sudrajat bahkan mampu merebut Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional, dan Sekolah Sehat Terbaik Nasional.
Tak heran, jika pada Rabu (11/5), Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr Ing Ir Hadi Daryanto DEA menjadikan Sudrajat sebagai kandidat kuat peraih Penghargaan Kalpataru dari Presiden Jokowi.
“Saya meyakini semua apa yang dilakukan pak Sudrajat. Mencintai, menunjukan cinta lingkungan, bekerja pakai hati,” ucap Dr Hadi disela Penilaian Kalpataru di SMAN 3 Kuningan. Selain para kepala SMAN se Kuningan, jajaran SMAN 3 Kuningan, juga hadir Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH. MH, Sekretaris Daearah H. Yosep Setiawan, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Dr AA Taufik Rochman MPd, dan Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Kuningan, Dr Ukas Suharfaputra MP.
Ia tahu sekolah tidak bergelimang uang, apalagi Ia juga tahu untuk membangun sekolah berwawasan lingkungan ini tidak ada anggarannya dari Pemkab Kuningan. jadi Ia akhirnya tahu, bahwa Sudrajat bekerja amanah.
Jadi mohon konsep dan cara kerja Sudrajat terus digerakan. Sebab dirasanya betul-betul menyentuh manusianya. Sebagus apapun konsep, kalau perilaku manusianya tidak bisa dirubah, konsepnya pasti gagal. “Dari semua ini, justru saya belajar dari pak Sudrajat,” ucapnya lagi.
Kepala SMAN 3 Kuningan Drs H Sudrajat MSi mengaku telah 17 tahun menjadi kepala sekolah, dan 9 tahun menjadi guru. Dari semua sekolah yang pernah dipimpinnya, semua berwujud sekolah sehat dan hijau.
“Saya bukan orang biologi, atau punya latar pendidikan lingkungan hidup. Hanya punya kecintaan, lalu diberi kesempatan menjadi guru dan kepala sekolah,” ungkap sosok kepala sekolah lembut dan santun ini.
Kepala BPLHD Kuningan DR Ukas Suharfaputra MP, menegaskan semua pencapaian sekolah berwawasan lingkungan merupakan kerja keras sekolah. Tidak ada anggaran khusus dari APBN atau APBD.  “Komitmen sekolah kuat. Peluangnya sekecil apapun, diambil. Sekolah terus melangkah. Sampai akhirnya sehebat ini. Itulah yang sering saya bangga,” ungkap DR Ukas. *DoniS*

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: