Navigation

DESA SUBANG LAYAK WAKILI KUNINGAN KE TINGKAT PROVINSI






Setelah menyisihkan 360 desa lainnya di Kabupaten Kuningan, akhirnya Desa Subang Kecamatan Subang berhak mewakili Kabupaten Kuningan dalam lomba desa tingkat Provinsi Jawa Barat, Jum’at (20/5/2016) Desa Subang dinilai tim penilai yang berjumlah 11 orang.
Kehadiran Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama, M.H., beserta tim penilai disambut meriah warga di sepanjang jalan menuju tempat acara, siswa-siswi sekolah dasar berjejer melambaikan bendera, tidak hanya itu lengser dan beberapa kesenian lokal ditampilkan untuk memeriahkan dan menyambut tim penilai.
Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama, M.H., mengatakan walaupun Desa Subang berada jauh dari pusat kota kuningan namun berdasarkan penilaian indikator penyelengaraan perlombaan desa dan kelurahan. “Desa Subang mengalami lompatan skor dalam kurun waktu tahun 2014-2015, jadi bukan hasil akhir dari kegiatan pembangunan yang menjadi penilaian utama, namun semangat perubahan kearah yang lebih baik dan proses menuju kemandirian itulah yang menjadi pertimbangan utama,” tandasnya.
Menurutnya, lomba desa memiliki manfaat yang sangat besar bagi desa, bukan sekedar memperoleh predikat juara namun yang terpenting adalah mendorong dan menggalakan peran serta masyarakat secara aktif dalam rangka meniingkatkan dan mempercepat perwujudan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan menuju desa yang kuat demokratis, maju, sejahtera, mandiri, dan tidak meninggalkan jatidirinya.
“Desa Subang telah mengalami peningkatan yang signifikan di tiga bidang serta 19 subindikator penilaian dan tematik perencanaan pembangunan, oleh karenanya siap menjadi juara pertama lomba desa tingkat Provinsi Jawa Barat tahap satu dan bahkan sampai ke tingkat nasional.”
Sementara itu Ketua Tim Penilai Drs. H. Welid, M.PD, mengatakan sasaran utama perlombaan desa adalah memberikan motivasi kepada perangkat desa untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, disamping itu dala upaya meningkatkan pembinaan untuk meningkatkan pelayanan, dan bagaimana kepala desa melakukan terobosan-terobosan terhadap permasalah yang timbul di wilayah desa.
“Dampak secara umum yang diharapkan dari seluruh kegiatan lomba desa ini yaitu dapat terjaganya sendi-sendi gotong-royong yang menjadi ciri khas sebuah pedesaan, walaupun Desa Subang jauh dari kota kuningan mari ganti falsafah dari atuda menjadi sanajan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, siapkan dokumen jangan hanya ekspos, dan bukti karya nyata.” ***beben  
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: