Navigation

Pelyanan Kesehatan dan Evakuasi ODGJ Menyongsong Kabupaten Kuningan Bebas Pasung 2019






Humas Setda Kuningan-Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si melepas kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa dan Evakuasi ODGJ Ke Rumah Sakit DR. H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor Dalam Menyongsong Kabupaten Kuningan Bebas Pasung 2019 yang diselenggarakan di Puskesmas Manggari, Kec. Lebakwangi. Kamis (18/7/2019).

Menurut Kepala Bagian Kesra Setda Toni Kusumanto, AP., M.Si  menyampaikan bahwa acara ini digelar untuk memberikan pelayanan masalah kesehatan jiwa.

Ia menuturkan, terdapat 2.232 orang ODGJ di Kabupaten Kuningan yang tersebar dan diantaranya ada 55 orang yang dipasung. Berdasarkan persoalan tersebut kami mengumpulkan beberapa pihak terkait untuk bisa menyelesaikan, dengan berkeja ikhlas dan akan menjadi perhatian kita bersama untuk memberikan upaya kesejahteraan pada masyarakat terutama pada masyarakat ODGJ.

Sementara itu Perwakilan Rumah Sakit DR. H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor sangat mengaprsiasi apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kuningan, dalam rangka promosi kesehatan jiwa di Indonesia bebas pasung 2019 yang sudah berkontribusi untuk mengakses kabupaten/kota di Jawa Barat dan Banten.

Pihaknya juga ingin mendukung berbagai macam kegiatan penanganan kesehatan jiwa dengan membantu menambah jejaring pelayanan yang tuntas, hingga penderita kembali ke masyarakat dengan kondisi pulih dan produktif.

Dalam sambutannya Sekda menuturkan bahwa persoalan ODGJ ini harus dilakukan dengan pendekatan sistem yang komperhensif, diharapkan dapat mengoptimalkan penanganan kesehatan jiwa yang baik.

"Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mendukung kegiatan ini terutama Dinas Kesehatan, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Para Camat, Kapolsek, Danramil dan Para Kepala Desa/Kelurahan yang telah bersama-sama dengan Rumah Sakit DR. H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor dan Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Phala Martha Sukabumi, dapat menyelenggarakan kegiatan penanganan dan pelayanan kesehatan jiwa bagi ODGJ di Kabupaten Kuningan," pungkasnya.

Di akhir sambutannya Sekda dan beserta seluruh unsur terkait menandatangani Komitmen Pelayanan Kesehatan Jiwa di Kabupaten Kuningan. (Dimas).
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: