Navigation

PENINGKATAN MATURITAS SPIP LEVEL 3 DAN KAPABILITAS APIP LEVEL 3 PADA PEMDA SE-JABAR



Plt Bupati Kuningan hadiri acara Bincang Pagi dengan tema: Peningkatan Maturitas SPIP Level 3 (terdefinisi) dan Kapabilitas APIP Level 3 (terintegrasi) pada pemda se-provinsi Jawa Barat, Senin (19/03/2018) di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat, Bandung.

Acara diawali dengan sambutan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat Iman Achmad Nugraha, dan menampilkan pembicara Gubernur Jawa Barat Achmad Heryawan dan Kepala BPKP Ardan  Adiperdana. Adapun tamu undangan yang hadir yaitu 21 kepala daerah dan seluruh inspektur Daerah se-Provinsi Jawa Barat.

Maksud dan tujuan acara ini untuk mempercepat peningkatan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) level 3 (skala 1-5) dan Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) level 3 (skala 1-5). 

Pemda se-Provinsi Jawa Barat sampai dengan saat ini baru  7 yang hasil penilaiannya secara mandiri (self asessment) yang level 3, 2 diantaranya sedang dalam proses reviu BPKP perwakilan Jawa Barat, setelah hasil reviu dinilai masuk level 3 maka selanjutnya di Quality Assurance (QA) oleh BPKP pusat untuk memastikan pemerintah daerah tersebut bisa diterima atau tidak mendapat penilaian leveling SPIP tersebut.

Demikian juga dengan Kapabilitas APIP sampai saat ini dari 12 APIP yang telah melakukan penilaian mandiri dengan posisi level 3, baru 1 APIP yang masuk proses QA oleh BPKP perwakilan Provinsi Jawa Barat dan selanjutnya bila dianggap sesuai maka akan direviu  BPKP pusat. Dari kedua kondisi tersebut diperlukan dukungan komitmen dari kepala daerahnya, karena target pemerintah pusat di tahun 2019 mencapai minimal 85% pemda se-Jawa Barat sudah level 3 untuk penilaian maturitas SPIP, demikian juga dengan kapabilitas APIP.

BPKP juga merubah strategi dengan meyederhanakan pemahaman atas SPIP dan kapabilitas APIP, serta memberi contoh konkrit dalam membangun pengendalian dan meningkatkan kapabilitas APIP nya.

Kabupaten Kuningan sendiri pada tahun 2017 berada di level 2, dan meningkat ke level 3 pada tahun 2018 bersama dengan beberapa daerah di provinsi lain se-Jawa Barat  seperti Kab. Purwakarta, Kota Banjar, Kota Depok, dan Kota Bogor. (Donis - Abel)
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: