Navigation

PEMANFAATAN LAHAN BEKAS GALIAN PASIR OLEH DESA CIBULAN KEC. CIDAHU




Lahan bekas galian pasir yang terdapat di Desa Cibulan Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan dimanfaatkan sebagai lahan pertanian kacang kedelai yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, kegiatan ini diawali dengan acara penanaman pertama benih kacang kedelai. Acara yang diselenggarakan pada hari Selasa, (13/03/18) dihadiri oleh Plt Bupati Kuningan, Dandim Kab. Kuningan, Wakapolres Kab. Kuningan, Kepala Dinas Pertanian Kuningan, serta perwakilan dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Jawa Barat.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya untuk memajukan kesejahteraan masyarkat yang berada di Kabupaten Kuningan serta untuk pemanfaatan lahan yang masih terjaga dengan baik sehingga dapat dijadikan sebagai tempat budidaya dalam hal ini budidaya kacang kedelai.

Lahan dengan jumlah luas ±200Ha dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Cibulan. Dengan potensi-portensi yang terdapat pada lahan tersebut semua pihak berharap bahwa pemanfaatan yang efektif juga dapat berjalan dengan baik. Bekas lahan ini juga menghasilkan air yang cukup melimpah, berdasarkan pernyataan dari Kepala Desa Cibulan “Lahan disini kalau digali sedalam lebih dari 30 meter kebawah akan menghasilkan air yang cukup banyak, sehingga dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai perairan untuk sawah-sawah.” Ujar Kepala Desa Cibulan

Rencananya dari jumlah bekas lahan disana juga akan dibuat sebuah situ seluas 1,5 Ha yang nantinya dijadikan sebagai irigasi persawahan yang sampai hingga ke Desa Cieurih.

Dalam rencana yang akan dilakukan ini, pemerintah desa mendapat dukungan dari pemerintah daerah yang memberikan bantuannya berupa bibit, pupuk, urea termasuk dana yang dibutuhkan untuk buruh menanam serta beberapa unit traktor. Hasil dari panen kedelai ini selanjutnya di distribusikan ke Bumdes bekerja sama dengan salah satu bank swasta di Kuningan, hal merupakan fasilitas yang diberikan oleh Dinas Pertanian Kab. Kuningan

Plt Bupati Kuningan Dede Sembada yang memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. “Saya merasa senang dan bersemangat untuk mendukung hal ini, karena animo masyarakat Desa Cibulan yang sangat luar biasa untuk turut memberikan dukungan terhadap kegiatan ini. Semoga rencana baik ini berjalan lancar dan dapat meberikan manfaat bagi masyarakat,”kata Dede Sembada. (Abellia/Pubdok)



Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: