Navigation

Kunker ke Kapolres Kuningan, Pesan Kapolda Jabar Jangan Terprovokasi Hoax












Humas Kuningan-Kapolda Jawa Barat, Irjen Polisi Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Polres Kuningan di Jalan RE. Martadinata, Ancaran Kuningan, Sabtu (17/3). Dalam kunjungannya, kapolda Jabar  datang bersama  Ketua Bhayangkari Daerah Jabar  dan rombongan pejabat Utama (PJU) Polda Jabar. Salah satu pokok bahasannya dengan masyarakat Kuningan kaitan dengan  berita tidak benar/hoax,

Kapolda tiba  di Polres Kuningan  disambut oleh Kapolres Kuningan, AKBP Yuldi Yusma, Ketua Bhayangkari  Cabang Kuningan, Plt. Bupati Kuningan Dede Sembada, Ketua DPRD Kuningan, Dandim 0615 Kuningan, para alim ulama, tokoh masyarakat dan lainnya.

Dalam arahnnya Kapolda Jabar  menuturkan, Kita jangan sampai terprovokasi berita yang belum tentu benar/hoax. Mesti melakukan  tabayun dulu di konfirmasi dulu. Bisa juga kepada  kepala desa,  Babinsa, Bhabinkamtibmas tanyakan apa betul berita seperti ini.  Kalau tidak benar  jangan terus disebarkan karena bisa meresahkan masyarakat yang tidak tahu apa-apa.

Kita harus bekerjasama  dengan semua pihak dengan cara menolak, menangkal dan menghentikan  informasi yang tidak benar/hoax, baik berupa gambar, photo, atau ilustrasi yang menimbulkan kebencian, permusuhan yang berlatar belakang  suku, agama, Ras dan antar golongan.


Sementara itu, Plt Bupati Kuningan Dede Sembada mengatakan, menyikapi berbagi isu belakangan ini, dengan banyaknya bermunculan berita hoax, ujaran kebejian dan isu sara, yang menyebar di tengah masyarakat lewat Media Sosial atau Portal-portal berita, menimbulkan  keresahan. “Oleh karena itu tetaplah bijak  ketika menggunakan internet, membaca berita dan mendengar informasi berkaitan hal tersebut,”ujarnya.

Ia menegaskan, jangan mudah percaya terhadap semua berita atau kabar yang dibaca. Periksa kembali kebenaran suatu berita dengan membandingkan dari sumber lain, dan jangan disebarkan ulang jika diras berita tersebut  tidak benar. Disinilah peran kita semua harus sadar, tetap tabayun, demi menjaga kondisi masyarakat yang sejuk dan dinamis.

“Untuk itu, kepada seluruh  elemen masyarakat Kuningan untuk terus menjalin kebersamaan, hindari berita-berita yang berakibat  kepada kebingungan masyarakat dalam menerima informasi. Berbagai isu hoax yang menerpa, baik dalam skala nasional maupun daerah perlu kita tangkal. Mari kita bersatu padu, meningkatkan rasa persaudaraan  dan kekeluargaan  demi terciptanya rasa aman, tertib dan nyaman,”harapnya.

Kaitan penghargaan Honorary Police yang diberikan Polda Jabar pada Bulan Agustus 2017 atas  berpartisipasi membantu tugas kepolisian dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Hukum Polda Jabar, Khususnya di Kabupaten Kuningan. “Atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat. Semoga kita senantiasa bisa  terus bekerjasama dengan pihak kepolisian  dan aparatur lainnya  dalam menjaga Kamtibmas  sehingga keamanana  dan ketertiban masyarakat semakin terjaga,”ungkap  Dede Sembada.

Pada kesempatan itu, dilakukan juga pernyataan anti hoax yang dibacakan Ketua MUI Kabupaten Kuningan, diikuti Kapolda Jabar, Kapolres Kuningan, Plt Bupati Kuningan dan para undangan yang hadir mulai. Yang pada intinya, menolak segala berita bohong yang menimbulkan  rasa kebencian, permusuhan  berlatar belakang suku, agama RAS dan atar golongan.

Menyampaikan berita yang benar sesuai dengan fakta yang terjadi  tidak menyebar berita hoax dan fitnah. Mendukung polri untuk menindak tegas kepada pelaku penyebar hoax. Senantias menjaga situasi dan  kondisi Jawa Barat tetap aman, damai dan kondusif.

Dan, bekerjasama dengan semua pihak untuk  untuk menyajikan berita kepada masyarakat dengan cara menolak, menangkal dan menghentikan  informasi yang tidak benar/hoax, baik berupa gambar, photo, atau ilustrasi yang menimbulkan kebencian, permusuhan yang berlatar belakang  suku, agama, Ras dan antar golongan.

Usai penandatangana deklarasi bermasama unsur masyarakat Kuningan. Rombongan Kapolda menuju  Desa Cirahayu Kec. Lebakwangi dengan dilanjutkan acara  peresmian taman bacaan penyerahan alat edukasi,  dan sepeda ke TK Kemala Bhayangkari 34 dan 35 Kuningan dari pengurus Yayasan Bhayangkari Daerah Jawa Barat. Dan Pemberian bantuan kepada 500 orang korban bencana. Dilakukan juga bhakti sosial dan pengobatan gratis.. (Suhendra/Pubdok)

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: