Navigation

DWP Kab. Kunigan Peduli Lingkungan, Keluarga dan Masyarakat





Dalam rangka HUT ke-12, Dharma Wanita Persatuan Kab. Kuningan menggelar  berbagai kegiatan mulai bhakti sosial hingga peduli lingkungan. Acara puncak dilakukan di Pendopo Setda Kuningan, Rabu (15/12). Dengan mengusung tema Pengembangan Aliansi Strategis DWP dengan mitra kerja pemerintah dan swasta untuk suksesnya pembangunan berkelanjutan. Turut hadir Unsur Muspida beserta ibu, Penasehat Dharma Wanita Hj. Utje Ch. Suganda, Ketua GOW dan Undangan lainnya.
Ketua Umum Dharma Wanita persatuan Ny. Nila F. Moeloek  dalam sambutannya yang dibacakan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kuningan  Ny. osef Setiawan, Hj, bahwa dalam menjalankan peran DWP sebagai organisasi  kemasyarakatan yang bernaung di bawah pemerintah, diaharapkan  dapat berperan aktif untuk menyukseskan program kemasrakatan bersama-sama dengan TP. PKK yang merupakan mitra kerja pemerintah dimana kedua instansi ini dapat bekerjasama, bergandeng tangan menuju masyarakat sejahtera.
Untuk itu dia menuturkan, hal ini dapat terlaksana apabila partisipasi aktif masyarakat madani telah disadari dan menjadi suatu hal yang mutlak yang tidak dapat dielakan atau ditunda. Dharma Wanita persatuan dapat saling berbagi pengetahuan untuk mencetuskan, menggerakan, membagi dan memberikan partisipasi melalui gerakan-gerakan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.
Dalam menjalankan programnya DWP Kuningan juga telah melakukan kegiatan yang bersebut  dengan masyarakat bekrjasama dengan dinas terkait, seperti diungkapkan Ny. Hj. Sofyan selaku ketua panitia, mulai dari pelayanan KB gratis di Desa Luragung Landeuh, pengobatan Cuma-Cuma desa tari kolot, khitanan massal di Pancalang, gerak jalan sehat dan penghijuan.
“Disampin itu dilakukan juga senam missal, kegiatan donor darah,  sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat  dan pemberian santunan kepada anggota DWP golongan I dan II sebanyak 70 orang,”katanya.
Bersamaan dengan kegiatan ini Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, S.Sos., diawal acara  menerima surprise syukuran Ultah ke -68 sehubungan beliau juga lahir tepat  tanggal 15 Desember . Dalam kesempatan ini turut hadir Unsur Muspida, Ketua Pengadilan Negeri Kab. Kuningan dan undangan lainnya.
Dalam arahannya  Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, S.Sos., yang saat ini menerima  surprise syukuran Ultah ke -69 sehubungan beliau juga lahir tepat  tanggal 15 Desember menyatakan kemandirian organisasi Dharma Wanita persatuan terlihat dalam visi organisasi, yakni bertekad untuk menjadi organisasi istri Pegawai Negeri Sipil  yang kukuh, bersatu dan mandiri. Adapun misinya untuk mensejahterakan seluruh anggota melalui bidang pendidikan, ekonomi dan sosial budaya.
Diharapkannya, sebagai istri dari aparatur tentunya ibu-ibu juga harus memahami dan peka terhadap perubahan paradigma yang sedang berlangsung, para aparatur (suami) dalam menerapkan langkah reformasi birokrasi.
Tentunya harus didukung secara internal oleh keluarga yang harmonis agar dapat berkonsentrasi secara penuh dalam pelaksanaan tugas terkait, hal ini peranan istri  harus menjaga keseimbangan antara aktivitas dalam pekerjaan dan organisasi.
“Peliharalah komunikasi yang baik dalam keluarga serta berikan dukungan dan motivasi terhadap pelaksanaan tugas suami. Sehingga segalanya akan berjalan seirama, lancar dan tampa ada yang dikesampingkan,”katanya.

Lebih lanjut Penasehat  Dharma Wanita Persatuan Kab. Kuningan Ny. Hj. Utje Ch. Suganda, mengharapkan anggota dimana pun berada jadilah warga dilingkungannya menjadi warga yang dapat diteladani, dicontoh oleh masyarakat sekitarnya misalnya baik dalam membina keluarganya, peduli terhadap kehidupan didalam lingkungan masyarakat maupun organisasi.
Disamping itu, harus mampu mandiri dan cepat tanggap terhadap masalah yang ada diorganisasi dan masyarakat misalnya kemiskinan , kekerasan dalam rumah tangga, kurangnya perlindungan terhadap anak, meningakatnya angka kematian bayi dan ibu, rendahnya pendidikan. Untuk itu Dharma Wanita persatuan diharapkan peduli terhadap kenyataan hidup yang berada di masyarakat. (Nana Suhendra)

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: