Navigation

BUPATI KUNINGAN BUKA JAMBORE PRAMUKA



Barisan pramuka tampak tegap berdiri menyambut kedatangan Bupati Kuningan di Open Space Gallery dalam Upacara Pembukaan Jambore Cabang Gerakan Pramuka 2011, pada Minggu (18/12).  Salam Pramuka membahana menyambut ucapan salam pramuka dari Bupati Kuningan.  Meski sengatan matahari sangat terik, tak membuat barisan pramuka itu kehilangan semangat. Dengan tertib para pramuka itu mengikuti upacara hingga selesai.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Deputi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Bidang Kepeloporan Pemuda, DR. Abud Musaat, perwakilan Ketua Kwartir Daerah Jawa Barat, Ketua DPRD Kuningan,  dan Ketua Kwarcab Kuningan.  Dalam sambutannya Asisten Deputi Kemenpora, menyatakan apresiasi kepada Kabupaten Kuningan karena banyak mendukung kegiatan kepemudaan, terutama Pramuka. “Salut bagi Kuningan, yang sudah memiliki bumi perkemahan dengan fasilitas pendukung yang lengkap.  Tidak banyak daerah setingkat kabupaten di Indonesia yang memiliki fasilitas demikian,” menurut DR. Abud Musaat.
Menanggapi pernyataan DR. Abud Musaat, secara spontan Bupati Kuningan menyatakan bahwa memang Pemkab Kuningan banyak membangun ruang terbuka yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan para remaja dan pemuda, seperti jambore.  Bahkan secara spontan Bupati mengatakan kalau memungkinkan Open Space Gallery, diganti dengan nama lain yang menggunakan bahasa Indonesia.  “Kita ganti saja dengan nama dari bahasa Indonesia, sepertinya Kampung Pramuka, bagus juga,” tandasnya.  Pernyataan tersebut disambut tepuk meriah peserta upacara.
Selanjutnya, Bupati Kuningan juga menyatakan bahwa kegiatan jambore Pramuka sangat penting dalam pembentukan perkembangan fisik, karakter, kreativitas, afektif, sosial dan spiritual anggota Pramuka.   Mengingat Jambore Cabang hanya dilaksanakan setiap 5 tahun sekali, Bupati H. Aang berpesan agar para peserta mengikuti seluruh kegiatan dengan baik dalam suasana persaudaraan.  Belum tentu kegiatan ini akan ditemui lagi oleh para peserta dalam 5 tahun mendatang.  “Ingatlah pesan Lord Badden Powell, bahwa anggota Pramuka adalah saudara dalam satu keluarga, tidak ada yang bisa memisahkan kita.  Jadi jika kalian ada permasalahan, selesaikanlah dengan musyawarah dan kekeluargaan,” demikian dikatakan Bupati H. Aang.
Di akhir sambutan Bupati Kuningan meresmikan pembukaan Jambore Cabang Kuningan tahun 2011.  Peresmian ditandai dengan penancapan kapak dan penyematan tanda peserta.  Menutup rangkaian acara, disuguhkan Rampak Genjring kolaborasi dengan tarian oleh kelompok genjring Si Windu.  Performance ini mendapat perhatian penuh dari para peserta dan tamu undangan yang hadir.
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: