Navigation

Pemkab Kuningan Gelar Shalat Istisqo di Pandapa Paramarta










Humas Setda-Pemerintah Kabupaten Kuningan  menggelar shalat  istisqo yaitu shalat untuk diturunkannya hujan berlangsung di Pandapa Paramarta, Jum'at  19 Oktober 2018 pagi, pukul 08.00 WIB. Ribuan jemaah turut melaksanakan shalat tersebut baik dari masyarakat, unsur TNI, POLRI, ASN, MUI, Depag, Majelis Taklim dan anak anak.

"Shalat Istisqo ini sebagai ikhtiar  memohon doa kepada  Allah agar diturunkan hujan. Sehingga kebutuhan air sebagai salah sumber kehidupan dapat terpenuhi dimana kondisi saat ini dihadapkan dengan musim kemarau,"ungkap Bupati H. Acep Purnama Kuningan.

Dikatakan Bupati Kuningan, dengan turunnya hujan bukan hanya dapat memenuhi kebutuhan air bagi wilayah Kuningan saja, melainkan juga wilayah Cirebon karena ada resepan air yang tersimpan untuk disalurkan. Begitu juga  Brebes ada sebagian saluran irigasi dari Kuningan. 

"Kebutuhan air begitu besar untuk kehidupan sehari-hari. Semoga dengan turunnya hujan waduk-waduk juga bisa kembali dipenuhi air, dan ladang dan pesawahan  bisa panen sesuai jadwal karena hujan mulai turun,"harapnya.

Sementara ini untuk mengantisipasi kekurangan air di masyarakat. Pemerintah terus berupaya memenuhi kebutuhan dengan memberikan bantuan air  pengiriman melalui tangki bekerjasama dengan PDAM. Dampak kemarau ini dirasakan terutama untuk wilayah Kuningan Timur.

Sebelum pelaksanaan Shalat, KH Dodo menjelaskan kaitan Shalat Istisqo, Salat ini dilaksanakan di tanah lapang dan pakaian sederhana. dilaksanakan dalam dua rakaat kemudian setelah itu diikuti oleh khutbah  dua kali oleh seorang khatib. 
Ia menjelaskan, khutbah salat istisqa sendiri memiliki ketentuan tersendiri diantaranya, Khatib disunahkan memakai selendang, Pada khutbah pertama hendaknya membaca istigfar 9 kali sedangkan pada khutbah kedua 7 kali, Khutbah berisi anjuran untuk beristighfar (memohon ampun) dan merendahkan diri kepada Allah serta berkeyakinan bahwa permintaan akan dikabulkan oleh-Nya, Pada khutbah ke-dua khatib berpaling ke arah Kiblat  dan berdo'a bersama-sama, Saat berdoa hendaknya mengangkat tangan tinggi-tinggi. (Suhendra/Pubdok) 




Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: