Navigation

BUPATI HADIRI PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN PRAMUKA SAKA ADHYASTA PEMILU 2019




Bupati Kuningan H. Acep Purnama menghadiri pelantikan dan pengukuhan pramuka saka adhyaksa pemilu tahun 2019 bertempat di Hotel Horison Kuningan, Selasa 16/10. Hadir juga ketua DPRD yang juga ketua Kwarcab Pramuka Kuningan Rana Suparman, S.Sos.

Meraka yang dilantik oleh Ketua Kwarcab Rana Suparman adalah ketua Bawaslu Kabupaten Kuningan Ahmad Jubaedi sebagai ketua Saka Adhayasta Pemilu 2019 dan kawan-kawan dari unsur Panwaslu Kabupaten Kuningan.

Dalam sambutannya Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan, apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bawaslu Kabupaten Kuningan yang telah mengadakan dan memfasilitasi kegiatan sosialisasi ini, yang mana kegiatan ini merupakan upaya dalam menyiapkan pemilihan umum yang berkualitas.

Tahun 2019 merupakan tahun hajat besar demokrasi di negara Indonesia khususnya di Kabupaten Kuningan karena pada tahun 2019 akan diadakan pesta demokrasi pemilhan Presiden dan Pemilihan Legislatif.

Pemilu merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat, sekaligus sarana aktualitasi partisipasi masyarakat sebagai pemegang kedaulatan dalam penentuan jabatan publik. Sebagai pemegang kedaulatan posisi masyarakat dalam pemilu ditempatkan sebagai subyek, termasuk dalam mengawal integritas pemilu, salah satunya melalui pengawasan pemilu.

Gerakan Pramuka merupakan wujud asosiasi dalam masyarakat, dalam asosiasi ini anggota mendapatkan pembelajaran berorganisasi dan pelatihan skill. Gerakan ini mempunyai potensi besar turut berpartisipasi dalam melakukan pengawasan pemilu. Gerakan pramuka berfungsi sebagau sekolah demokrasi karena mengajarkan hal-hal yang berkaitan dengan Civic Skil seperti pengorganisasian, mengadakan pertemuan, menulis gagasan, berargumentasi, berpidato dan sebagainya. Gerakan pramuka mempunyai pondasi yang kuat dalam mengasah civil skill seluruh anggotanya dan menumbuhkan kesadaran politik atas pentingnya partisipasi dalam melakukan pengawasan pemilu dan menciptakan pemilu yang bebas dan adil. Pungkas Acep. *DoniS*

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: