Navigation

Pra Musrenbang RKPD 2019, Memacu Produktivitas dan Pemberdayaan Masyarakat




Humas Setda-Di Tahun 2019 Kabupaten Lebih fokus pada Memacu produktivitas dan pemberdayaan masyarakat. Hal ini sejalan dengan  tahapan ke-empat Pembangunan jangka panjang Kabupaten Kuningan 2019-2023. Yaitu pementapan peran daerah dalam pembangunan regional dan nasional.

Hal itu diungkapkan Sekda Kuningan, Drs. H. Yosep Setiawan, M.Si. pada acara Pra Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten Kuningan tahun 2019, bertempat di Hotel Horizon, Panuwan-Kuningan, Rabu (28/2/2018).  Dihadiri dalam acara tersebut, para Asisten lingkup setda kabupaten kuningan, Perwakilan SKPD, kecamatan dan Kepala UPTD se- Kabupaten Kuningan.

Ia mengatakan, pada penyusunan  perencanaan tahun 2019 ini mengacu pada RPJMD 2015-20125 serta RPJMD teknoratis. RPJMD ini ada beberapa isu strategis daerah yang menjadi perhatian  pemerintah daerah untuk dapat diselesaikan. “Penanggulangan kemiskinan, pengurangan pengguran, penerapan e-Government, peningkatan investasi daearah, pemanfaatan ruangan dan pengelolaan kawasan rawan bencana, pengembangan pariwisata berbasis komunitas desa dan ketahanan pangan,”jelasnya.

Sekda Kabupaten Kuningan mengharapkan,  dalam memilih  prioritas kegiatan, baik SKPD maupun kecamatan, dapat mengacu pada penyelesaian  permasalahan pembangunan yang menjadi isu strategis. Pelaksanaan Pra musrenbang  ini agar membuka komunikasi seluas-lusnya dalam hal penentuan prioritas kegiatan  dan Pagu anggaran, agar tidak tumpang tindih kewenangan dan anggaran. ”Sehingga Apa yang kita rencanakan akan bermuara pada kemajuan Kabupaten Kuningan,” katanya.

Dalam kesempatan itu pula Sekda menyampaikan permohonan maaf sehubungan dengan akhir tugasnya sebagai ASN. "atas nama pribadi, keluarga dan kedinasan, saya menyampaikan mohon maaf yang sebesar-sebesarnya apabila ada kesalahan yang telah dilakukan, baik disengaja maupun tidak disengaja. Saya yakin selama 34 tahun melaksanakan tugas, ada hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan dan cita-cita saudara. Itu merupakan hal yang wajar karena sebagai manusia biasa, kita kadang-kadang tidak bisa mencapai apa yang kita harapkan."

"Semoga kita semua senantiasa untuk terus bahu membahu memberikan sumbangsih untuk Kuningan. hal ini dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan dan tugas fungsi kita semua. saya amanatkan sebagai abdi negara jaga terus komitmen kita untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih diprioritaskan,"harapnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Kabupaten Kuningan Drs. Maman Suparman, MM. Menuturkan tujuan pra musrenbang ini, untuk mensinkronnisasi usulan program dan kegiatan yang berasal dari desa dan kecamatan dengan SKPD, memetakan kegiatan prioritas di masing-masing SKPD. Dan Untuk menyesesuaikan usulan anggaran kegiatan dengan pagu Anggran/Proyeksi Anggaran.

Pelaskanaan Pra Musrenbang ini, dikatakan Maman Suparman, sejalan dengan Undang-undang No 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional. Dan Permedagri No. 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daearah, tata cara evaluasi rancangan Perda tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD. (Suhendra/Pubdok)

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: