Navigation

Desa Cibulan Luncurkan Kartu Sehat dan Pendidikan








Humas Setda-Banyak terobosan yang telah dilakukan Pemerintah Desa Cibulan Kec. Cidahu dengan memberikan pelayanan kepada masyarakatnya. Bukan hanya pembangun fisik saja. Namun  mampu meluncurkan kartu layanan kesehatan dan pendidikan. Dalam penyerahannya disaksikan langsung Wakil Bupati Kuningan, H. Dede Sembada. Bertempat di halaman desa, Sabtu (10/2/2018). Hadir Kapolsek, Danramil, UPTD pertanian, UPTD Puskesmas dan juga unsur penopang keluarga PKK, pemuda dan masyarakat.

Kepala Desa Cibulan Iwan Gunawan, S.IP mengatakan, kami berkomitmen mberikan pelayanan kepada masyarakat bukan hanya mengenai bangsunan fisik namun jauh lebih penting yaitu memberikan pelayan jiwanya untuk masyarakat seperti, layanan kesehatan masyarakat dimana berhak mendapatkan rawat inap ditingkat kecamatan Cidahu yan  biayanya ditanggung semua oleh pemerintah Desa Cibulan.Untuk persalinan ditanggung Juga, namun kerjasama ini baru ke tingkat Kec. Cidahu. Kedepannya diharapkan bisa tingkat Rumah Sakit Derah.

Ia menuturkan, untuk pendidikan menjadi tanggungjawab desa  dengan target 1 keluarga bisa meluluskan  ketingkat SMU sederajat, tentunya dilihat dari ketidak mampuan dan ada diberikan beasiswa bagi anak yang berprestasi. "Adapun anggaran yang dialokasikan untuk kartu sehat sebesar75 juta, kartu pintar 25 juta kartu ibu dan anak 25 juta, dan Rutilahu sebesar 75 juta dibagi 5 dusun untuk 1 rumah 15 juta, dan juga dilakukan penyerahan KTA PKK sebanyak 150 orang."sebut dia.

Tidak sampai disitu, ia juga  kedepan akan dialokasikan sebesar 175 juta untuk pengadaan kendaraan pelayanan kesehatan. Sehingga hal ini akan mempercepat penanganan terutama ibu hamil. Untuk pengolahan sampah pun tak luput jadi perhatian dengan memberdayaan masyarakat untuk mengolah sekaligus menyediakan kendaran pengikut sampah.

Untuk menuju desa agamis ia memiliki program diataranya melakukan yasinan rutin setiap jumat pagi di kantor desa. Yasinan ini dilakukan juga di lima dusun dgn jadwal yang berbeda di masing-masing dusun. Kegiatan ini menjadi sarana untuk meningkatkan kan silaturahim juga dalam rangka membangun desa dengan kerangka kebersamaan dan kekompokan yang dilandasi dengan nilai-nilai agama. Kaitan untuk hiburan hajatan agar memperhatikan sopan santun Helaran  dengan tidak menampilkan hiburan yang seronok hal ini sudah disepakati para ulama yang ada dan tokoh masyarakat.

Wabup Kuningan memberikan apresiasi kepada Kepala Desa yang bisa merealisasi visinya. Atas apa yang telah dilakukan hari ini. Kepala Desa Cibulan telah mampu menerjemahkan bangunlah jiwanya, bangunlah fisiknya

Adanya inovasi-inovasi dengan melakukan terobosan daalm menjalankan visinya desa yang bersih, sehat. Indah dan raharja dapat terwujud.


“Apa yang dilakukan Desa Cibulan. Semoga akan menjadi percontohan untuk desa lainya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memperhatikan kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat.”ungkap Wakil Bupati Kuningan yang tak lama lagi akan menjadi Plt Bupati Kuningan terhitung tanggal 15 Pebruari 2018. (Suhendra/Pubdok)



Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: