Navigation

Wabup Tinjau Lokasi Bencana Alam Di Kecamatan Cilebak






Humas Setda Kuningan-Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda., SH., M.Si meninjau daerah yang terkena dampak bencana alam di Kecamatan Cilebak. Selasa (12/2/2019).

Pada peninjauan ini, Wabup di dampingi oleh Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Camat Cilebak, Kepala Desa Legok Herang serta masyarakat Kecamatan Cilebak.

Wabup langsung meninjau beberapa lokasi yang terdampak bencana alam, diantaranya yang ditinjau ialah longsoran tebing yang berlokasi di Blok Simpur Desa Cilebak, mengakibatkan tebing setinggi 30 Meter dengan Lebar 15 Meter menutupi akses Jalan Ciwaru dan Cilebak. Dengan kronologis kejadian di akibatkan intensitas hujan sedang hingga lebat mulai pukul 16.00-00.00 WIB.

Selanjutnya meninjau ke titik bencana lainnya yang berlokasi di Dusun Bungur I, yang telah terjadi Pergerakan tanah dan longsor, yang berdampak longsornya tembok penahan tanah, serta terjadinya pergerakan tanah yang mengakibatkan 2 unit rumah mengalami kerusakan, dengan kronologis kejadian diakibatkan oleh intensitas hujan ringan hingga lebat. Selain itu pergerakan tanah dan longsoran yang terjadi di Dusun Bungur I ini menimbulkan ancaman terhadap Mushola di SDN 2 Bungurberes.

Selain di lokasi tersebut, Wabup juga turut melakukan penilikan jembatan rusak di Desa Jalatrang. Jembatan tersebut roboh karena terjangan arus sungai pada Minggu malam. Akibatnya ada 14 kepala keluarga dan 12 rumah warga sempat terisolir. Namun kali ini Jembatan tersebut sudah mendapatkan penanganan sementara berupa dibangunnya jembatan alternatif dari bambu oleh warga sekitar sehingga akses warga dapat kembali pulih.

Di peninjauaannya yang terakhir Wabup ke lokasi yang terdampak tanah longsor yang terjadi di Perbatasan Desa Legok Herang dan Desa Cilebak yang mengakibatkan tebing sawah longsor serta akses jalan tertimbun material longsoran tanah, selain itu 1 unit rumah milik Bapak Wanto  tertimbun longsoran, yang mengaharuskan mengungsi ke rumah saudaranya agar aman.

Di sela-sela peninjauannya Wabup menyampaikan “Bahwa saudara-saudara kita yang terkena dampak untuk tidak larut dalam kesedihan, dan insyaAllah kita akan lakukan semaksimal mungkin untuk dapat meringankan beban mereka. Selain itu kita harus selalu responsif dan tangap terhadap kondisi yang terjadi, serta berkoordinasi dengan Camat dan Kepala Desa setempat dan pihak terkait kira-kira apa yang diperlukan dan dibutuhkan untuk menyelesaikan dan memperbaiki infrastruktur atau material yang terdampak oleh longsoran dan pergerakan tanah ini, baik dari peralatan, tenaga dan logistik. Serta menghimbau pada seluruh masyarakat yang kediamannya dekat dengan lokasi rawan bencana untuk selalu menjaga  Keselamatan dan selalu waspada terhadap ancaman bencana yang tidak kita ketahui", ujar Ridho.

Menurut Wabup untuk upaya yang sudah dilakukan saat ini ialah telah menurunkan Tim Assesment dari BPBD Kabupaten Kuningan, Koordinasi dengan Desa dan Muspika Kecamatan Cilebak untuk rencana penanganan, serta mobilisasi sumber daya dengan mengerahkan alat berat (excavator) untuk membersihkan material longsoran yang menutupi jalan, serta masyarakat berupaya membuat saluran drainase untuk antisipasi longsor susulan. (Dimas/Pubdok).


Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: