Navigation

Plt Bupati Tinjau Lokasi Bencana Angin Puting Beliung


Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kuningan, Dede Sembada, meninjau beberapa lokasi bencana alam angin puting beliung yang terjadi Rabu (23/5/2018). Ia bersama tim BPBD meninjau beberapa daerah yang tertimpa bencana angin puting beliung Desa Sindangsari, Sindangagung Kecamatan Sindangagung dan Desa Lengkong, Desa Citiusari, Kecamatan Garawangi.
Kepada masyarakat yang tertimpa bencana, Plt Bupati Dede Sembada, menyampaikan pesan agar bersabar serta tawakal dalam menerima cobaan. Pemerintah Kabupaten Kuningan senantiasa hadir di tengah masyarakat untuk menangani persoalan serius yang dialami masyarakat.
“Tadi saya sudah menelepon PLN untuk segera memulihkan keadaan aliran listrik yang terputus, kalau berisiko kemungkinan besok karena saat ini waktu sudah malam,” kata Plt Bupati Dede Sembada.
Ia juga sudah mengintruksikan kepada BPBD dan LH untuk bekerja optimal. Begitu pula kepada pemerintah desa daerah yang tertimpa bencana puting beliung agar menganggarkan dana dari perubahan APBDes.
“Diharapkan besok segera ditangani dan diintruksikan kepada kepala desa untuk menghitung kerugian agar situasi secepatnya normal,” paparnya.  
Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan bersama masyarakat, melakukan penanganan akibat bencana alam angin kencang yang terjadi di beberapa daerah pada Rabu (23/5/2018) sekira pukul 16.00 WIB.
Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Kuningan, angin kencang yang terjadi Rabu sore   di Dusun Kliwon, Pahing, Manis, Wage dan Dusun Puhun Desa Sindangsari, Kecamatan Sindangagung telah menyebabkan 6 rumah rusak sedang.
“Kami telah menurunkan tim assesment serta melakukan pemangkasan pohon,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin.
Selain itu, sambung Agus, tim BPBD mengkaji akses jalan Garawangi tepatnya di Dusun Manis RT. 07 RW.03 Desa Lengkong, Kecamatan Garawangi, karena terhalang pohon albasia, bungur, mahoni, angsana yang tumbang menimpa badan jalan.
Angin kencang melanda juga wilayah Dusun Pahing Rt.05 RW. 03 Desa Kertaungaran, Kecamatan Sindangagung, yang mengakibatkan satu rumah milik Ny. Rohayati (68) tertimpa pohon Melinjo, pohon Nangka, dan pohon Mangga.
Di Desa Kaduagung, Kecamatan Sindangagung, angin kencang mengakibatkan satu rumah milik Eman (43) mengalami rusak sedang akibat tertimpa pohon albasia.
“Musibah itu telah menyebabkan pula terputusnya aliran listrik di beberapa wilayah yang terjadi angin kencang,” imbuhnya. (Atisna/Pubdok)*
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: