Navigation

SAMBUNG RASA PENANGGULANGAN BANJIR SUNGAI CIJANGKELOK



(Kuningan 28/911)
Wakil Bupati Kuningan. Drs. H. Momon Rochmana M.M dengan didampingi oleh Kepala SDAP Drs. Kukuh T Malik M.M dan Kepala Dinas Pertanian Ir. Triastiami. Bertempat di gedung serba guna balai desa Dukuh Maja Kec. Cibingbin. Berkenan membuka dan mengisi acara sambung rasa dengan para kelompok tani se-kecamatan Cibingbin.
Dalam sambutanya, Wakil Bupati Kuningan menekankan tentang pentingnya keberadaan sungai bagi keperluan masyarakat banyak. Di Kab. Kuningan sendiri terdapat tiga daerah aliran sungai, yaitu sungai Cijolang. Cisanggarung dan Ciberes bangkaderes, serta 43 sub daerah aliran sungai. Dan pengelolaan wilayah sungai terdiri atas, wilayah sungai Kabupaten yang meliputi :
 a. Sungai Cijangkelok yang bermuara di sungai Cisanggarung
 b. Sungai Cijolang, yang bermuara di sungai Citanduy.
Sedangkan penanggung jawab pengelola DAS-nya yaitu; untuk sungai Cisanggarung di bawah BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai Cisanggarung), sedangkan untuk DAS Citanduy (Sungai Cijolang), di bawah BBWS Citanduy.
Dalam kesempatan itu juga, Wakil Bupati Kuningan menekankan, bahwa banyak sedikitnya air sungai sangat tergantung kepada keadaan hutan di sekitarnya. Oleh karena itu, Wakil Bupati menitipkan kepada para kelompok tani dan pada masyarakat umumnya, untuk tetap menjaga hutan; dengan seloroh Leuweung Hejo, Rakyat bisa Ngejo.
Dengan tema, Upaya Penanggulangan Bahaya Banjir Sungai Cijangkelok. Acara  ini berlangsung dengan penuh keakraban. Semuanya terpancar dari kegembiraan para petani se wilayah Kec. Cibingbin, yang tergabung dalam berbagai kelompok tani. Acara sambung rasa; yang berupa acara dengar pendapat, usul dan saran ini benar-benar mendapatkan apreasiasi yang bagus dari peserta yang hadir. Selain upaya Penanggulangan   Bahaya Banjir Sungai Cijangkelok. Dibahas juga tentang kemungkinan adanya alokasi bantuansumur bor dan pompa air bagi masyarakat sekitar Kec. Cibingbin, yang betul-betul sudah kesulitan air bersih, baik untuk mck ataupun untuk keperluan mengairi lahan pertanianya. Selain itu nara sumber dari pihak BBWS, Imam Agus Sutopo S.St melalui juru bicaranya Lili Muklis Amd, menjanjikan akan meninjau langsung ke lokasi sungai Cijangkelok untuk mempelajari dan menindaklanjuti  keperluan dan bantuan jenis apa, yang harus segera dilakukan untuk menanggulangi bahaya banjir sungai Cijangkelok ini.(humas)


Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: