Navigation

KUNINGAN BUTUH 600-800 TON BAWANG MERAH PER BULAN




Kabupaten Kuningan membutuhkan sedikitnya 600-800 ton Bawang Merah per bulan untuk dijadikan olahan bawang goring yang nanatinya akan dipasok ke perusahaan-perusahaan mie dalam negeri. Selain terkenal dengan makanan-makanan hasil industry rumahan seperti tape ketan dan minuman Jeruk Nipis Peras Kabupaten kuningan juga sangat terkenal sebagai pemasok bawang goring ke beberapa perusahaan ternama di Indonesia.
Hal tersebut terungkap dalm dialog resmi anatara Bupati Kuningan dengan para petani yang difasilitasi oleh Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan yang bertempat di kawasan pertanian di Desa Cidahu Kecamatan Pasawahan belum lama ini.
 H. Nurdin yang juga pengusaha bawang goreng asal Kabupaten Kuningan yang dikenal berhasil ini menyebutkan, Kabupaten Kuningan khususnya perusahaannya membutuhkan sedikitnya 600-800ton bawang merah dengan kualitas bagus yang akan diolah menjadi bawang goreng dan disuplai kebeberapa perusahaan ternama di Indonesia.
Menurutnya selama ini perusahaanya mendatangkan bawang goring dari berbagai wilayah, selain dari Kabupaten Kuningan sendiri juga mendatangkan dari brebes untuk memenuhi kebutuhan konsumennya, padahal jika bahan baku itu dapat di terpenuhi dari Kabupaten Kuningan bukan tidak mungkin petani kuningan akan lebih sejahtera karena harga yang dia patok untuk 1kg bawang merah dengan kualitas bagus dia membeli sebesar Rp. 7.000/kg.
Kedepan kiranya diperlukan suatu kawasan yang khusus menanam bawang goring sehingga pasokan bahan baku bawang goring tidak mendatangkan dari luar Kabupaten Kuningan. Jelas H. Nurdin
Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda yang pada kesempatan itu hadir bersama Ketua DPRD H. Acep Purnama mengatakan, Kabupaten Kuningan sangat konsen terhadap bidang pertanian, karena itu sejalan dengan Visi Kabupaten Kuningan yang berbasis Pertanian dan Pariwisata. Menanggapi hal ini tentunya Pemerintah Daerah akan menindak Lanjuti karena ini merupakan peluang yang sangat bagus sekali dalam rangka mensejahterakan Petani.
Dan saya berharap kepada Dinas Pertanian tentunya untuk melakukan survey daerah mana yang cocok untuk ditanami bawang merah, dan melakukan sosialisasi serta melakukan penyuluhan kepada para petani tentang bagaimana bertani bawang merah yang baik sehingga kualitas bawang merah kita akan baik. Pinta Aang
Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan berupa bibit padi dan mesin traktor kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Kuningan. ( Donis ).

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: