Navigation

BUPATI HADIRI PESTA DADUNG





Cilebak- Masyarakat Desa Legokherang Kecamatan Cilebak Kabupaten Kuningan, mengadakan tradisi syukuran atas hasil pertanian yang di curahkan dalam bentuk upacara adat Pesta dagung atau di sebut juga pesta budak angon (anak angon). Upacara ini sudah menjadi tradisi tahunan, banyak di saksikan masyarakat desa setempat bahkan banyak masyarakat dari luar desa tetengga yang menyaksikan acara adat tersebut.

Pelaksananan pesta dadung itu  disaksikan oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama, yang kedatangannya di sambut oleh lengser dan di dampingi oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kabid Promosi di Dinas Pariwisata, Kepala Bagian humas, Kepala Bagian Umum, Muspika Kecamatan Cilebak , para Kepala Desa se- Kecamatan Cilebak, Senin (11/9/17).

Ada yang menarik di balik di laksanakannya pesta dadung ini. Gamelan yang mengiringi lagu-lagu puhun dan di ibingi oleh anak anak angon yang membawa sarandu dan membawa dadung atau tali yang sudah tua yang terbuat dari injuk, konon menurut warga  desa setempat tali tersebut sudah ada dari jaman dahulu kala bahkan tali tersebut sudah turun temurun dari sesepuh desa nya.

Kehadiran Bupati Kuningan yang di sambut dengan meriah oleh masyarakat desa LegokHerang. Sebagai bentuk pemimpin yang memiliki kepedulian akan seni dan dudaya. Bahkan bupati kuningan yang di kasih ikat kepala oleh kepala desa legokherang.

Bupati mengajak budaya dan seni merupakan tanggung jawab bersama untuk kita lestariakan dan harus gotongroyong untuk mempromosikannya. Semoga akan menjadi daya tarik untuk program pariwisata  dan kebudayaan Kabupaten Kuningan. (IP)

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: