Navigation

KUNINGAN KEMBANGKAN BUDIDAYA CABE POLYBAG






Humas Setda-Untuk mengatasi dan meredamnya  harga cabe yang tidak terkendali.  Pemerintah meluncurkan program gerakan nasional penanaman cabe  (gertam cabe),  sebuah gerakan  yang mengajak masyarakat  menanam cabe di lahan pekarangan melaui media polybag. Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH. MH menyerahkan secara simbolis  sebayak 3.500 pohon (Cabe Besar, Cabe Rawit, Terong dan Jahe)   kepada 32 kelompok Wanita Tani (KWT)  dan PKK desa serta kepada 4 organisasi kewanitaan. Bertempat di Cigugur,  Kamis (20/7/17).
Kepala Dinas  Pertanian Kabupaten Kuningan, Ir. Hj. Triastami, mengatakan kegiatan penanaman ini  menstimulan  dan menumbuhkembangkan  kebiasaan masyarakat  untuk memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam tanaman sayuran dalam media polybag. Tanaman sayuran  dalam polybag ini  minimal dapat dimanfaatkan  untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari  setiap rumah tangga.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH. MH, menuturkan Indonesia merupakan  salah satu negara  dengan konsumsi cabe  yang besar yaitu 1,77 kg  berkapita  pertahun.  Hal ini yang menjadikan komoditas cabe  startegis, karena merupakan  komoditas strategis maka kenaikan harga cabe  seringkali memicu timbulnya inflansi  dan kenaikan inflansi juga  dapat berpengaruh terhadap  daya beli masyarakat  secara umum.

“Karena persoalan  kenaikan harga cabe  merupakan persolan bersama  dan pengaruhnya cukup dominan  terhadap inflasi, sehingga semua pihak harus peduli terhadap masalah ini,”kata bupati dihadapan para kaum hawa.

Bupati Kuningan juga  mengharapkan, gerakan penanaman  ini dapat berkembang pada tanaman sayuran lainya, baik melalui media polybag maupun pemanfaat lahan pekarangan. Supaya bisa berlanjut sampai tingkat kecamatan, desa bahkan tingkat rumah tangga. Sehingga penanaman seperti ini dapat meringankan  kebutuhan ekonomi keluarga

Apabila gerakan ini bisa dilakukan segenap masyarakat. “Bukan tidak mungkin  pada waktunya nanti Kuningan  bisa menjadi daerah yang mandiri pangan khususnya komoditas hortikultura. Karena sejatinya kemandirian pangan  bukan hanya menjadi tanggungjawab  pemerintah, melainkan juga menjadi tanggungjawab seluruh lapisan masyrakat,”ungkapnya. Suhendra
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: