Navigation

159 MAHASISWA IPB KKN DI KABUPATEN KUNINGAN




Sebanyak 159 mahasiswa Intitut Pertanian Bogor (IPB) mulai 17 Juli sampai dengan 26 Agustus mendatang akan melaksanakan KKN-T (Kuliah Kerja Nyata Tematik) di Kabupaten Kuningan. Mahasiswa dari beberapa fakultas akan ditempatkan di 25 desa lima kecamatan yakni Kecamatan Garawangi, Lebakwangi, Maleber, Pasawahan dan Kecamatan Pancalang.
“Hal ini merupakan kepercayaan sangat berarti sekaligus wujud dukungan nyata terhadap upaya pemerintah Kabupaten Kuningan dalam mewujudkan program-program pembangunan daerah. Saya mengucapkan terima kasih khususnya kepada Rektor IPB, karena pada tahun 2017 ini Kabupaten Kuningan dipilih sebagai lokasi KKN oleh mahasiswa IPB,” kata Bupati Kuningan H. Acep Purnama, dalam sambutan yang dibacakan wakil Bupati Dede Sembada, pada acara Penerimaan Mahasiswa KKN-T IPB, di Pendopo Kabupaten Kuningan, Senin (17/7/2017).
KKN-T merupakan salah satu kegiatan untuk merekatkan diri mahasiswa dengan masyarakat, sebagai bentuk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan dengan fungsi perguruan tinggi yakni Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Kegiatan KKN meruapakan tugas pengabdian yang dibebankan kepada saudara sebagai perwujudan nyata, keterikatan emosional dunia kampus dengan masyarakat. Bukan sekadar tuntutan kurikulum, namun lebih dari itu merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat,” paparnya.
Melalu kegiatan KKN tematik itu, Bupati Acep berharap mahasiswa mampu melakukan transper pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh semasamas mengikuti perkuliahan di kampus, sehingga dapat memberukan manfaat kepada masyarakat yang berdaya guna dan berhasil guna. Oleh sebab itu, mahasiswa sebagai pelaku KKN diharapkan bisa memberikan kontribusi dalam membantui proses pembangunan di wilayah perdesaan lokasi KKN.
Selain itu juga diharapkan dapat berperan sebagai motivator, dinamisator dan fasilitator yang efektif, sehingga masyarakat desa akan lebih tergugah untuk berpartisiapsi aktif dalam membangun desa. Sementara itu, Wakil Dekan Ekonomi Manajemen IPB DR. Ir. Lukman M. Baga, M.Si., dalam laporannya, mengatakan kegiatan KKN-T dimaksudkan dilakukan untuk membantu menyelesaikan persoalan pembangunan di daerah dengan pendekatan multi disiplin ilmu yang ada di lingkungan IPB. “KKN ini diharapkan menajdi kegiatan civitas akademika IPB dalam membantu memberiksn solusi terhadap permasalahan masyarakat perdesaan, dan merupakan kegiatan berkesinambungan,” kata Lukman M. Baga. (HD)*
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: