Navigation

WABUP AJAK MASYARAKAT PEDULI KEBERSIHAN LINGKUNGAN SUNGAI



Melalui program Program Kali Bersih (Prokasih) Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan terus berupaya menjaga lingkungan terutama di daerah aliran sungai sejalan dengan komitmen kabupaten konservasi. “Mari terus jaga lingkungan terutama di wilayah aliran sungai, jangan membuang sampah ke sungai yang akan mengakibatkan tersumbatnya aliran air kemudian menyebabkan bencana banjir.”
Hal tersebut disampaikan Wakil bupati Kuningan H. Acep Purnama, M.H., saat apel kegiatan Prokasih, Jum’at (3/6/2016) di parkiran Pasar Jalaksana. Ikut hadir Kepala Dinas SDAP H. Amiruddin, S.Sos, M.Si, Camat Kramatmulya Dian Fenti Asmara, S.AP. serta Camat Jalaksana Drs. Saleh Rochiat, M.Si.
Menurutnya, masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan. “Sediakan tempat sampah di rumah masing-masing, pilih sampah organik dan anorganik agar memudahkan pihak terkait dalam mengolah sampah, saat ini banyak penyakit-penyakit yang tidak dapat didiagnosa, ini akibat dari pencemaran, kita harus peduli dengan kebersihan lingkungan supaya terhindar dari penyakit,” ajaknya.
Sementara itu Kepala BPLHD Ukas Suharfaputra, MP mengatakan, kegiatan prokasih ini merupakan upaya untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam gerakan K3 BPLHD Kabupaten Kuningan bertepatan dengan hari Lingkungan Hidup se-Dunia.
“Maksud dan tujuannya yaitu melaksanakan kebersihan sungai atau kali dan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya kebersihan terutama dalam menjaga, memelihara, dan melestarikan lingkungan sungai yang bersih,” ujarnya.
Lebih lajut, Ia mengatakan, kegiatan prokasih ini dilaksanakan sehari yang berlokasi di daerah aliran sungai Cilengkrang dengan melibatkan instansi dan dinas terkait kecamatan, desa, komunitas pencinta alam, paguron silat, dan lembaga swadaya masyarakat.
Usai apel kegiatan prokasih, peserta langsung terjun membersihkan sungai dari sampah, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan berencana menyebarkan surat edaran kepada masyarakat di wilayah yang teraliri sungai, pasar, dan pertokoan, kemudian melakukan teguran 1x24 jam untuk melakukan kebersihan khusus rumah-rumah di wilayah aliran sungai, kemudian akan mengintruksikan kepada kepala desa untuk mengajak masyarakat melakukan gerakan kebersihan 3 bulan sekali. ***beben
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: