Navigation

PEMKAB GELAR STUDI ISLAM DINAMIS JELANG NUZULUL QUR’AN





Ibarat spektrum cahaya, Islam terpancar menjadi beragam dimensi. Semua dimensi itu pada hakikatnya adalah satu yaitu Islam. Tidak semua muslim mampu menangkap seluruh dimensi yang dipancarkan oleh islam. Setiap muslim hanya mampu menangkap dimensi dimensi tertentu, sesuai dengan kemampuan  daya tangkap dan visinya masing-masing.

Studi Islam bukanlah tumbuh dan berkembang dari realitas historis yang hampa, ia hadir secara kronoligis dalam konteks ruang dan waktu yang jelas, hal ini terjadi sebagai respon sejarah atas sejumlah persoalan keagamaan yang dialami umat Islam.

Merujuk pada sejarah Peradaban Islam untuk dapat menjelaskan motif-motif kesejarahan dalam normativitas Islam yakni dengan mengadakan studi terhadap Islam maka dinamika histories yang menjadi perwujudan dari ide – ide Islam mulai dari permulaan diturunkannya Islam hingga masa akhir akhir ini baik diwilayah yang menjadi tempat turunnya Islam maupun di wilayah-wilayah lain di berbagai belahan dunia menjadi sangat penting untuk dikaji baik itu dalam lingkungan majlis Ta’lim maupun lingkungan civitas akademika.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Kesra Drs. Toto Toharudin dalam laporan pelaksanaan kegiatan Studi Islam Dinamis dalam rangka menyambut nuzulul Qur’an Selasa 21 Juni 2016 bertempat di Pendopo Kabupaten Kuningan.

Sementara itu Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Workshop Studi Islam Dinamis merupakan sebuah substansi keilmuaan yang harus berdampak bagi pendalaman pengetahuan yang terkait erat dengan pendidikan keagaamaan dan haus diserap para kawula muda, remajaa dan pelajar.
Karena itu saya paatutu menyampaikan terima kasih dan penghrgaan kepada jajaran panitia penyelenggara karena dalam menyongsoong peringatan Nuzulul Qur’an 1437 H memperoleh masukan baru berupa pelaksanaan woekshop ini.

“ saya yakin hasil yang dicapai dari workshop ini akan dengan sendirinya mendorong pada hal-hal yang terkait dengan penciptaan sumberdaya manusia yang berkualitas dan pondasi utamanya terpulang kepada keberhasilan menuntut ilmu keagamaan dengan penuh kesungguhan”. Papar Acep. *DoniS*

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: