Navigation

ACEP RESMI JADI BUPATI KUNINGAN






Acep Purnama resmi dilantik sebagai Bupati Kuningan sisa masa jabatn 2013-2018. Acep dilantik Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Aula Barat, Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (14/6/2016). Acep melanjutkan posisi Bupati Kuningan yang sebelumnya dijabat almarhumah Utje Choeriah Hamid Suganda.
Sementara itu, untuk posisi Wakil Bupati Kuningan saat ini masih kosong, tergantung dengan partai pengusung pasangan Utje-Acep saat itu. Menurut Heryawan, posisi wakil bupati masih memungkinkan karena masa jabatan Acep lebih dari 18 bulan lagi. "Selama undang-undang menghendaki ya kami serahkan pada DPRD yang terkait," ujar dia usai melantik Acep.
Selebihnya, Heryawan kepada Acep mengharapkan agar penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Kuningan dapat kembali berjalan lancar dan kondusif. Bupati harus dapat melakukan kebijakan pembangunan yang pro-poor, pro-job, pro-growth, dan pro-environment.
Terkait dengan itu, untuk terus meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Kuningan yang pada tahun 2015 telah mencapai 74,11 poin. Ia berpesan kepada Bupati untuk menitik-beratkan pembangunan pada peningkatan aksesibilitas dan mutu pendidikan yang didukung dengan anggaran minimal sebesar 20% APBD. Dengan sasaran untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah yang sudah tercapai 8,82 tahun, angka partisipasi murni SD, SMP dan SMA/SMK yang masing-masing sudah tercapai 99,83%, 90,61% dan 54,67%, serta angka melek huruf yang sudah tercapai 98,71% dengan capaian Indeks Pendidikan sebesar 85,40 poin.
Di bidang Kesehatan, Gubernur mendorong Pemkab Kuningan untuk memberikan perhatian penuh terhadap peningkatan aksesibilitas dan kualitas layanan kesehatan yang didukung anggaran fungsi kesehatan minimal sebesar 10% APBD.
"Secara khusus Saya juga minta perhatian Saudara Bupati terkait daya beli masyarakat yang pada tahun 2015 baru tercapai Rp 557.490,- serta jumlah penduduk miskin agar lebih diakselerasi pengentasannya,."ujar dia.
Demikian pula dengan jaringan irigasi dalam kondisi baik agar terus ditingkatkan, untuk menggenjot Sektor Pertanian sebagai sektor unggulan Kabupaten Kuningan, yang pada tahun 2014 bersama-sama Sektor Kehutanan dan Perikanan telah mampu memberikan kontribusi sebesar 23,23% terhadap PDRB.
"Selain itu, Saya juga mendorong Saudara Bupati untuk memfokuskan kebijakan pengembangan agropolitan dan kepariwisataan daerah yang berorientasi pada pemberdayaan perekonomian rakyat dan sumberdaya lokal.," tutur dia.
Dalam bidang pemerintahan, pihaknya mengapresiasi sekaligus mendorong Pemkab. Kuningan untuk terus mempertahankan opini WTP atas hasil pemeriksaan LKPD dari BPK yang sudah diraih dua tahun berturut-turut.
Sementara itu, Acep usai dilantik mengatakan, setelah pelantikan tersebut, dia akan melajutkan pembangunan Kuningan sepeninggalan alm Utje. Ia harus bekerja cepat sesuai target dalam kurun sisa masa jabatan dia yang tinggal 2,5 tahun lagi.
"Sekarang di kota besar tidak terlalu menjanjikan. Jadi kembalilah ke daerah untuk berkreatifitas. Kami wajib buka peluang dan fasilitas. Saat ini ada warga kami bekerja di perkotaan (di luar Kuningan) sebanyak 10 persen," ucap Acep. *DoniS*









Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: