Navigation

KUNINGAN PERINGATI HARI LAHIRNYA PANCASILA





Setelah hampir 71 tahun kemerdekaan Indonesia, baru kali ini pemerintah memutuskan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila.
"Keputusan tersebut akan menjadi sebuah keputusan monumental bagi upaya bangsa Indonesia mengembalikan roh dan jiwa Pancasila sebagai ideologi bangsa.
Keputusan itu secara resmi ditandatangani Presiden Jokowi di hadapan tokoh nasional saat kegiatan peringatan pidato Bung Karno di Bandung. Keputusan tersebut sekaligus melengkapi Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2008 yang telah menetapkan 18 Agustus 1945 sebagai Hari Konstitusi.
Sejarah lahirnya Pancasila tidak terlepas dari pidato Bung Karno sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 1 Juni 1945.
Pidato tersebut merupakan jawaban atas pertanyaan Ketua Sidang BPUPKI dari KRT Radjiman Wedyodiningrat mengenai apa dasar negara yang akan digunakan Indonesia setelah merdeka kelak.
"Pidato Bung Karno sangat monumental, berisi tentang lima dasar Indonesia merdeka yang diberi nama Pancasila,". Setelah itu, Pancasila dibahas oleh Panitia Sembilan, yang akhirnya merumuskan Piagam Jakarta pada 22 Juni 1945.
Dalam perkembangannya, Pancasila mencapai rumusan final pada 18 Agustus 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).
"Sejak saat itulah Pancasila resmi menjadi dasar negara Indonesia merdeka hingga saat ini,"
Tantangan terberat bagi bangsa Indonesia saat ini tak cukup hanya dengan mempertahankan nilai-nilai ideologis Pancasila. Namun, yang terpenting saat ini adalah bagaimana mengamalkan nilai-nilai tersebut di dalam kehidupan sehari-hari.
Kabupaten Kuningan memperingati Hari Lahirnya Pancasila dalam sebuah upacara yang berlangsung di halaman Setda Kabupaten Kuningan dengan Inspektur upacara Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH.
Dalam sambutannya Acep mengatakan, bila kita pelajari dan selidiki sungguh-sungguh lahirnya pancasila ini, ternyata bahwa ini adalah suatu demokratissch beginsel, suatu beginsel yang menjadi rechtsideologie negara kita.
Demokratisch idee tersebut tak pernah dilepaskan oleh Bung Karno, selalu dipegangnya teguh-teguh dan senantiasa dicarikannya jalan untuk mewujudkannya. Mudah-mudahan lahirnya Pancasila ini dapat dijadikan pedoman oleh nusa dan bangsa kita seluruhnya dalam usaha memperjuangkan dan menyempurnakan kemerdekaan negara. Tutup Acep. *DoniS*
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: