Navigation

TAMAN KANAK-KANAK BENTUK KARAKTER DAN MORALITAS ANAK



Proses pendidikan tidak hanya terbatas pada penguasaan ilmu pengetahuan bagi para siswa, tetapi harus dikembangkan pula kepemilikan karakter dan moralitas yang dapat dibanggakan oleh orang tua, pemerintah dan Negara.
Pembentukan karakter yang dilakukan sedini mungkin akan lebih efektif dan berhasil, sehingga hal tersebut perlu dirancang pula dengan baik serta lebih mendasar agar mampu menghasilkan konsep-konsep pendidikan yang dapat dengan mudah diterima oleh anak.
Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kuningan Drs. H. Momon Rochmana MM saat meresmikan TK Asih Desa Sukarapih Kecamatan Cibeureum, turut menghadiri Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj Utje Ch Suganda yang juga selaku Bunda PAUD Kabupaten Kuningan, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Drs. H. Maman Suparman,MM, Camat Kecamatan Cibeureum Suparman serta undangan lainnya. Rabu (25/1).
Menurutnya, kebijakan Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan pendidikan jenjang taman kanak-kanak ditujukan pada pembentukan karakter siswa agar memiliki dasar-dasar moralitas yang baik sehingga akan menjadi pondasi yang kuat untuk mengikuti pembelajaran pada jenjang berikutnya. “Hal ini penting untuk dipahami seluruh masyarakat serta seluruh stake holder khususnya di Kecamatan Cibeureum umumnya di Kabupaten Kuningan,” ujarnya.
Wabup Momon berharap dengan diresmikannya bangunan taman kanak-kanak ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya serta tidak lupa untuk merawat dan memeliharanya, “Tidak sedikit bangunan sekolah menjadi rusak diakibatkan kurang pemeliharaan”.
Lebih lanjut, Ia meminta untuk melakukan penataan lingkungan sekolah yang nyaman dan indah sehingga para siswa dan guru betah tinggal disekolah yang pada gilirannya akan mendorong keberhasilan proses pembelajaran.
Sementara itu Ketua Panitia pembangunan TK Asih Ratnaidah, S.Pd. SD. Menyebutkan jumlah siswa yang telah terdaftar sebanyak 68 orang yang terdiri dari PAUD formal sebanyak 46 orang serta nonformal 22 orang, “Sebelumnya kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di gedung balai Desa Sukarapih kemudian satu tahun terakhir KBM menumpang di rumah warga karena Balai Desa Sukarapih sedang dilakukan renovasi,” paparnya.
Kemudian lanjut Ia, dengan pengajuan proposal pembangunan TK Pedesaan kepada Direktorat Jendral PAUDNI Kemendiknas RI melalui Disdikpora akhirnya mendapatkan bantuan sebesar Rp. 160.000.000 serta bantuan tanah wakaf H. Iding Suwardiman , SE.M.Kes seluas 380 m2 dan wakaf dari Bu Ratnaidah seluas 240 m2 sehingga jumlah tanah 620 m2 atau 44 bata.
(BEBEN)
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: