Navigation

SOSIALISASI RASKIN, BUPATI MINTA KADES BUAT DATA AKURAT



Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.AP meminta kepada seluruh kepala desa untuk membuat data yang akurat terkait penerima beras miskin (Raskin). “Data penerima raskin harus dibuat sesuai dengan hasil survey terbaru jangan sampai masyarakat kategori mampu menerima beras miskin.”
Hal tersebut disampaikannya saat sosialisasi program raskin/rastra, Rabu (2/3/2016) di Gedung Olah Raga (GOR) Ewangga. Hadir Sekretaris Daerah Drs. H. Yosep Setiawan, M.Si, Asisten Daerah Pembangunan dan Kesra Nana Sugiana, SE, M.Si, Kepala Perum Bulog Sub Divre Cirebon Miftahul Ulum.
Tidak hanya itu, Bupati meminta kepada pihak terkait terutama camat harus terus memperhatikan, memberikan bimbingan, serta pengawasan agar pelaksanaan penyaluran beras miskin tidak salah sasaran. “Hal ini penting dilakukan sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab pemerintah dalam upaya penanggulangan kemiskinan,” ujarnya.
Menurutnya, tahun 2016 Kabupaten Kuningan mendapat alokasi raskin sebanyak 88.379 rumah tangga sasaran penerima manfaat raskin sesuai basis data terpadu Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), yang akan berubah pada pertengahan tahun ini berdasarkan hasil sensus PBDT tahun 2016.
“Agar pelaksanaan program raskin efektif dinas/instansi, dan lembaga terkait harus melakukan koordinasi, singkronisasi, dan harmonisasi mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengendalian dengan dilandasi pemahaman bahwa raskin adalah hak orang miskin,” sarannya.
Sementara itu Kepala Perum Bulog Sub Divre Cirebon Miftahul Ulum mengatakan penyaluran raskin pada tahun 2015 di Kabupaten Kuningan dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti, namun tidak seperti tahun-tahun sebelumnya mendapatkan reward.
“Saya berharap semoga pengelolaan program raskin untuk tahun 2016 di Kabupaten Kuningan lebih baik lagi dan kembali mendapatkan reward. Terima kasih kami ucapkan atas kerja keras Pemerintah Kabupaten Kuningan selama ini dalam pelaksanaan program raskin.”
Ketua panitia sosialisasi program raskin Trisman Supriatna, M.Pd mengatakan maksud kegiatan sosialisasi adalah untuk memberikan akses pangan baik secara fisik (Beras tersedia di titik distribusi (TD), maupun ekonomi (Harga jual yang terjangkau) kepada Rumah Tangga Sasaran (RTS). Sementara tujuannya adalah untuk mengurangi beban pengeluaran RTS melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras.
Lebih lanjut, Ia mengatakan, pada tahun ini kami akan memberikan penghargaan kepada kecamatan sebagai pengelola raskin terbaik tahun 2015 sebagai upaya untuk memicu semangat agar dalam pelaksanaan penyaluran raskin dapat meningkat lebih baik lagi.

“Ada sebelas kecamatan yang mendapat penghargaan diantaranya Kecamatan Ciwaru, Kramatmulya, Lebakwangi, Garawangi, Sindangagung, Cidahu, Selajambe, Hantara, Cigandamekar, Jalaksana, dan Cipicung.” ***beben 
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: