Navigation

WABUP CANANGKAN GEMILANG SIMAS





Bertempat di Halaman Kantor Dinas Sumber daya Air dan Pertambangan Kabupaten Kuningan, Selasa 11 Agustus 2015, Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH melaunching program Gerakan Memelihara dan Membangun Irigasi Langsung dengan Partisipasi Masyarakat Kabupaten Kuningan tahun 2015. Gerakan tersebut merupakan gerakan bersama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan dengan masyarakat dalam membangun serta memelihara irigasi yang ada di Kabupaten Kuningan.
Seperti kita ketahui bersamaa bahwa luas lahan irigasi teknis di Kabupaten Kuningan seluas 11.179Ha, irigasi semi teknis 5.639Ha, irigasi sederhana 8.750 Ha. Sedangkan jumlah irigasi yang merupakan kewenangan Dinas SDAP yaitu; Saluran primer ( tanah dan lining ) seluas 60km, saluran sekunder 400km, bendung dan pengambilaan bebas sebanyak 729 buah, bangunan irigasi lainnya 1.449 buah, pintu air 628 buah.
Dilihat dari tofographi fisik lokasi jaringan irigasi di Kabupaten Kuningan ini banyak yang berada pada lereng tebing yang rentan sekali terhadap gerakan tanah longsor sehingga biaya operasi dan pemeliharaan cukup tinggi, begitu pula dalam pengelolaannya banyak permasalahan yang kita hadapi mulai dari kurangnya sumber daya manusia petugas pelaksana di lapangan. Oleh karena itu kita Dinas SDAP melaunching program GEMILANG SIMAS ini untuk meminimalkan permasalahan dimaaksud. Papar Amirudin.
Sementara itu Wabup Acep dalam sambutannyaa mengatakan bahwa sejalan dengan kebijakan Pemerintah dalam rangka percepataan swasembada pangan dan Refocusing Agricultural Program Plaaning, kiranya sangat eraat kaaitannya dengan penyediaan dan peningkataan insfrastruktur irigasi dalam mendukung keberhasilan sektor pertanian.
Untuk itu Pemerintah Kabupaten Kuningan terus berupaya menggali sumber daya yang ada yang dapat dimanfaatkan dalam rangka pencapaian usaha dimaksud dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional dan upayaa peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat petani, maka insfrastruktur irigassi merupakan salaah satu prasarana yang sangat penting dalaam kehidupaan masyaarakat, terutama dalam menunjang keberhasilan sektor pertanian.
Agar pelaksanaan irigasi berjalan dengan baik, perlu keterlibatan masyarakat baik dalam pembangunan maupun pemeliharaannya.
“ saya menyambut baik program GEMILANG SIMAS ini, karena dengan keterlibaataan maasyaraakat maupun pemeliharaan irigasi semua akn berjalan dengan baik “ Tutup Wabup. *DoniS*
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: