Navigation

Wakil Bupati Kuningan serahkan DHKP/ SPPT PBB Tahun 2012.



Bertempat di aula Dinas Pendapatan Daerah  Kabupaten Kuningan H.Momon Rochmana menyerahkan Daftar Himpunan Ketetapan Pajak (DHKP) /Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB Tahun 2012 kepada para camat yang ada di kabupaten Kuningan pada hari Selasa (6/3).
Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kuningan Drs. A. Taufik Rohman, M.Si dalam laporannya menuturkan bahwa realisasi penerimaan PBB Kabupaten Kuningan tahun 2011 berdasrkan target pokok sebesar Rp. 12,3 Milyar samapai tanggal 31 Desember 2011 terealisasi sebesar Rp. 119,9 milyar atau mencapai 96,19 % sedangkan untuk target SKB yang ditetapkan pleh pemerintah pusat sebesar Rp. 11,2 Milyar realisasinya mencapai 106,23%. “Sedangkan  untuk kecamatan yang tidak lunas PBB sampai tanggal 31 Desember 2011  sebanyak 5 Kecamatan  masing-masing  Kecamatan Kuningan dengan realisasi sebesar 80,51 % tunggakan terdapat di Kelurahan kuningan dengan realisasi 77, 49 %, kelurahan Purwawinangun dengan realisasi 80,60 %, kelurahan Cijoho dengan realisasi 89,32% kelurahan Ciporang dengan realisasi 90,79% kelurahan Cirendang dengan realisasi 87,91% kelurahan Awirarangan dengan realisasi 83.58 % desa karangtawang  dengan realisasi 83,58% desa Ancaran dengan realisasi 42,68% dan desa Kasturi dengan realisasi 79,33 %. Kecamatan Cigugur dengan realisasi 92,98% tunggakan terdapat pada kelurahan Cigugur dengan realisasi 89,59 dan desa Cisantana dengan relaisasi 69,61%, Kecamatan Kadugede dengan realisasi 95,86% tunggakan terdapat di desa Bayuning dengan realisasi 83,47%, kecamatan Kalimanggis dengan realisasi 81,05% dengan tunggakan terdapat di desa Kalimanggis Kulon dengan realisasi 58,86% dan kecamatan Cibingbin dengan realisasi 95,80% dengan tunggakan terdapat di desa Sukamaju dengan realisasi 74,36%” kata Drs. A. Taufik Rohman, M.Si
Kepala Dinas Pendapatan Daerah Juga menyebutkan beberapa kendala yang menghambat proses pemungutan dan percepatan pelunasan PBB di kabupaten Kuningan khususnya diwilayah perkotaan antara lain : ketetapan suatu Obyek pajakyang tidak sesuai dengan kondisi riil dilapangan sebagai akibat terjadinya alih fungsi, alih kepemilikan atau alih keperuntukan suatu obyek pajak, wajib pajak yang tidak jelas alamatnya sehubungan dengan status kepemilikan suatu obyek pajak, wajib pajak yang berdomisili diluar kabupaten Kuningan, dan keterlambatan pengajuan dan proses koreksi atas terjadinya ketidak sesuaianluas tanah dan/atau bangunan serta data PBB lainnya sehingga berpengaruhterhadap proses percepatan lunas PBB.” Sedangakan untuk target SKB PBB Kabupaten Kuningan untuk tahun 2012 masih dalam proses pembahasan, sementara terget pokok PBB kabupaten Kuningan tahun 2012  diprediksi mencapai 14,75 Milyar atau mengalami kenaikan sebesar Rp. 2,45 Milyar jika dibandingkan dengan terget pokok PBB kabupaten Kuningan tahun 2011.” Tambah Drs. A. Taufik Rohman, M.Si.

Sementara itu wakil Bupati Kuningan H.Momon Rochman dalam sambutannya menguapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada sekuruh masyarakat dan pernagkat yang terlibat dalam pelaksanaan pemungutan pajak bumi dan bangunan tahun 2011, sehingga kabupaten Kuningan dapat lunas PBB target SKB( surat keputusan bersama ) sebelum tiba masa jatuh tempo,” atas prestasi tersebut pada hari Senin  tanggal 27 Februari 2011 Pemerintah Kabupaten Kuningan meraih penghargaan sebagai Kabupaten Terbaik ke II dalam pelaksanaan pemungutan pajak bumi dan bangunan dari pemerintah provinsi Jawa Barat, keberhasilan yang telah dicapai mencerminkan tingkat kesadaran masyarakat kabupaten Kuningan selaku wajib pajak bumi dan bangunan cukup baik dan pantas mendpatkan apresiasi,hal ini menjadi modal dasar bagi pemerintah kabupaten Kuningan  dalam menjelang pelaksanaan pajak bumi dan bangunan  sebagai pajak daerah pada tahun 2014” kata H. Momon Rochmana.
Wakil Bupati Kuningan juga mengingatkan kepada para camat agar menghindari terjadinya “tunggakan Fiktif PBB”sebagai akibat kurangnya pemantauan, pengawasan dan evaluasi terhadap para petugas pemungut dilapangan. “bagi rekan-rekan yang bertugas dikantor pelayanan pajak Pratama Kuningan, saya ucapkan terima kasih atas jalinan kerjasama yang telah dibina dengan pemerintah daerah selama ini, tingkatkan koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait jajaran pemerintah daerah khususnya berkaitan dengan penyusunan rencana penerimaan, penagih pajak tahun berjalan, realisasi penerimaan tunggakan serta pemerian pelayanan kepada masyarakat selaku wajib pajak dengan berpedoman pada peaturan dan perundang-undangan yang berlaku” kata H. Momon Rochmana.  – johanes-
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: