Navigation

KB MENINGKATKAN KUALITAS SDM



Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program KB dan Kesehatan Kab.Kuningan, bertempat Gedung Student Center UNIKU, Rabu (21/3). Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati H. Momon Rochmana, Kepala BKKBN Propinsi Jawa Barat yang di wakili Kepala Bidang Pengendalian Kependudukan H. Eli Kusnali, M.M.Pd, Kasdim 0615 Kepala UPTD PKM, Kepala UPT BKBPP se-Kab. Kuningan,

Menurut Drs. KMS Zulkifli, M.Si. Kepala Badan KBPP Kuningan, Program KB dan Kesehatan merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Hal ini sejalan dengan pokok-pokok kegiatan pembangunan di Kabupaten Kuningan khususnya bidang kesehatan yang diarahkan pada penurunan angka kematian ibu, bayi dan balita.

Dijelasakannya, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No. 52/2010 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga bahwa Keluarga Berencana merupakan upaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan, melalui promosi, perlindungan dan bantuan sesuai dengan hak repreduksi untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Sementara Wakil Bupati Kuningan H. Momon Rochmana dalam arahannya, mengatakan, peranan sektor KB dan Kesehatan memberikan kontribusnya yang terbaik dalam pembangunan demi terwujudnya SDM dan keluarga yang berkualitas, yakni norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Dan di era pembangunan sekarang dikemas bentuk IPM yang meliputi bidang pendidikan dan daya beli masyarakat.

Untuk itu, Wakil Bupati Kuningan mengingatkan beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian, diantaranya perencanaan kependudukan harus dilaksanakan secara baik, disertai optimalisasi peran dan fungsi kelembagaan KB-Kes yang merupakan salah satu sektor yang mempunyai kontribusi berarti terhadap pembangunan SDM.

Selain itu, optimalkan kembali hasil pelaksanaan Program KB dan Kesehatan di lapangan, agar mekanisme operasional lini lapangan terus bergulir secara berkesinambungan, serta dalam suasana kebersamaan antara petugas lapangan KB dengan unsur Dinas Kesehatan.

“Tingkatkan juga pelayanan KB-Kes terhadap masyarakat baik secara kuantitas maupun kualitas. Sehingga dapat mencapai derajat Kuningan sehat dan penduduk tumbuh seimbang pada 2015,”pintanya.

Untuk pemberdayaan keluarga, lakukan terus pembinaan melalui program Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS), yang tahun ini dipusatkan di Desa Silebu Kecamatan Pancalang. Dan juga disetiap kecamatan dan desa harus dibentuk satuan tugas pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak (P2TP2A). ( DOniS )
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: