Navigation

MENYIAPKAN GENERASI EMAS UNTUK INDONESIA



Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuningan memperingati Hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupaten Kuningan yang bertempat di Pandapa Paramartha komplek Stadion Kuningan, Rabu 2/4. Hadir dalam upacara tersebut Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, Wakil Bupati H. Momon Rochmana, Sekretaris Daerah H. Yosep Setiawan, Kajari Refly SH, MH, Ketua PN, Erwan Tony, Kapolres AKBP. Wahyu Bintono Hari Bawono, S.Ik, Ketua DPRD H. Acep Purnama, SH. MH, serta para pejabat lingkup Pemkab Kuningan.
Tema “Bangkitnya Generasi Emas Indonesia” dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) kali ini merupakan penjabaran dari niat kita untuk mempersiapkan generasi yang lebih baik lagi dimasa yang akan dating, Untuk mempersiapkan generasi emas tersebut, telah disiapkan kebijakan yang sistemiatis, yang memungkinkan terjadinya mobilitas vertikal secara masif. Untuk itu, mulai tahun 2011 telah dilakukan gerakan pendidikan anak usia dini, penuntasan dan peningkatan kualitas pendidikan dasar, penyiapan pendidikan menengah universal (PMU) yang akan dimulai tahun 2013.
Tema ini sejalan dengan hakikat pendidikan yang telah ditekankan oleh Bapak Pendidikan Nasional kita, yaitu Ki Hajar Dewantoro, yang pada hari ini kita peringati hari kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.
Bupati Kuningan yang bertindak sebagai Inspektur upacara pada upacara tersebut mengatakan, bahwa Kabupaten Kuningan pada tahun 2011 mencapai IPM 72,82. Indek pendidikan yang merupakan salah satu indek penunjang IPM berada pada kisaran angka 86. Ini membuktikan bahwa pendidikan di Kabupaten Kuningan sudah cukup membanggakan, adapun kekurangannya kita bersama-sama perbaiki demi kemajuan dunia pendidikan Kuningan kedepan.
Kita semua harus bersyukur bahwa pada periode tahun 2010 sampai 2035, bangsa kita dikarunai oleh Tuhan Yang Maha Kuasa potensi sumber daya manusia berupa populasi usia produktif yang jumlahnya luar biasa. Jika kesempatan emas yang baru pertama kalinya terjadi sejak Indonesia merdeka tersebut dapat kita kelola dan manfaatkan dengan baik, populasi usia produktif yang jumlahnya luar biasa tersebut insya Allah akan menjadi bonus demografi (demographic dividend) yang sangat berharga .
Pada periode tahun 2010 sampai tahun 2035 kita harus melakukan investasi besar-besaran dalam bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai upaya menyiapkan generasi 2045, yaitu 100 tahun Indonesia merdeka. Oleh karena itu, kita harus menyiapkan akses seluas-luasnya kepada seluruh anak bangsa untuk memasuki dunia pendidikan; mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai ke perguruan tinggi. Tentu perluasan akses tersebut harus diikuti dengan peningkatan kualitas pendidikan, sekalipun kita semua memahami bahwa pendidikan itu adalah sistem rekayasa sosial terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan, keharkatan dan kemartabatan.
Pada kesempatan tersebut diserahkan piala dan piagam penghargaan kepada para pemenang lomba yang diselenggarakan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuningan dalam rangka memperingati HARDIKNAS tahun 2012. ( DOniS )

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: