Navigation

DESA CIWARU WAKIL LOMBA DESA TINGKAT PROVINSI JABAR


Pencak silat, rampak genjring, Degung, Ki lengser serta gelaran seni lainnya sengaja ditampilkan warga Desa Ciwaru untuk menyambut tim penilai lomba desa tingkat provinsi Jawa Barat. Jum’at (25/5).
Tim penilai yang berjumlah 9 orang dipimpin Hj. Dian Widya Amanawati, SH, CN, tiba di Desa Ciwaru pukul 10.30 WIB, Walaupun cuaca panas terik matahari namun tak menyurutkan niat warga untuk ikut serta menyambut tim penilai dengan memadati jalanan Desa Ciwaru.

Ikut pula hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Kuningan Drs. H. Momon Rochmana, MM, Kepala BKPP wilayah Cirebon, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan H. Suraja,SE, M.Si, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kuningan Drs. Dian Rahmat Yanuar, M.Si, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kuningan Drs. H. Yayan Sofyan, MM, serta Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Utje Ch Suganda.

Desa Ciwaru sendiri merupakan desa yang ditetapkan sebagai desa terbaik dalam rangka lomba desa tingkat Kabupaten Kuningan sehingga otomatis berhak mewakili Kabupaten Kuningan dalam lomba Desa tingkat provinsi Jawa Barat.
“Desa Ciwaru memiliki nilai historis karena dahulu sebagai ibu kota keresidenan Cirebon, sehingga bukan tanpa alasan tim penilai menetapkan Desa Ciwaru sebagai yang terbaik di Kabupaten Kuningan,” ujar Wabup Momon dalam sambutannya.
Selain itu, lanjut Ia, berdasarkan penilaian indikator Desa Ciwaru mengalami lompatan skor dalam kurun waktu tahun 2010-2011. Jadi bukan hasil akhir dari kegiatan pembangunan yang menjadi penilaian utama, namun semangat perubahan dan proses menuju kemandirian itulah yang menjadi pertimbangan tim penilai tingkat Kabupaten sehingga Desa Ciwaru memenuhi kriteria desa terbaik tahun 2012.
Wabup Momon mengingatkan, perlombaan desa yang setiap tahun diselenggarakan mempunyai banyak manfaat yang sangat besar terutama bagi desa.”Lomba desa bukan sekedar memperoleh predikat juara namun yang lebih penting mendorong dan menggalakan peran serta masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan menuju desa yang maju sejahtera dan mandiri dalam kerangka otonomi daerah,” pungkasnya
Sementara itu Hj. Dian Widya Amanawati, SH, CN, mengatakan, perlombaan desa ditingkat Kabupaten merupakan program pemerintah provinsi Jawa Barat yang senantiasa terus digalakan demi memacu masyarakat ditingkatan paling bawah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan.“Kami akan memberikan penilaian seobjektif mungkin terhadap indikator-indikator yang harus dipenuhi oleh desa dalam upaya meningkatkan kesejahteraan,” tandasnya
Menurutnya, tim penilai akan meniliti keberhasilan usaha masyarakat dalam pembangunan desa dengan dampak terwujudnya peningkatan dibidang kesehatan, ekonomi, partisipasi masyarakat, penguatan kelembagaan, penyelenggaraan pemerintah serta peningkatan fungsi dan peran serta PKK.     (Beben)
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments:

  1. Sebagai putra Kuningan -terlebih sebagai orang Ciwaru, saya bangga. Semoga Desa Ciwaru mampu membawa nama baik Kuningan. Namun yang terpenting sesungguhnya adalah upaya terus menerus untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat (tidak hanya Ciwaru). Kesehatan, pendidikan, perekonomian, kehidupan keagamaan, dsb. Jangan berhenti pada Lomba Desa, dan jangan hanya karena Lomba Desa. Hidup Ciwaru... Hidup Kuningan ... Hidup Jawa Barat...!

    BalasHapus